Jelang Penamatan SD dan SMP, Guru di Kendari Keliling Datangi Siswanya

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Jelang Penamatan SD dan SMP, Guru di Kendari Keliling Datangi Siswanya
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur. Foto: Eni/Telisik

" Metode guling ini diterapkan agar para siswa dan siswi tidak ketinggalan pelajaran, terutama para anak didik yang tidak memiliki handphone. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, menerapkan Metode Guru Keliling (Guling) atau Home Visid di tengah pandemik COVID-19.

Hal tersebut dilakukan saat jelang penamatan, khususnya untuk kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan kelas 3  Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan, metedo guling yang digagas tersebut untuk para siswa yang tidak bisa daring. Para guru atau wali kelas pun diwajibkan turun langsung untuk memberikan materi pembelajaran.

"Metode guling ini diterapkan agar para siswa dan siswi tidak ketinggalan pelajaran, terutama para anak didik yang tidak memiliki handphone," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (3/3/2020).

Baca juga: Sekolah di Bombana Buka Belajar Tatap Muka

Makmur mengungkapkan, metode guru keliling sangat bermanfaat untuk siswa yang akan ikut ujian, sehingga pembelajaran yang didapatkan dapat efekti kembali, namun tetap wajib memenuhi protokol kesehatan.

"Yang mau ujian kita intensifkan daring dan guru keliling, mengingat posisi siswa yang berseberan guru atau wali kelas dapat membagi jadwal mereka masing-masing," ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, mekanisme penilaian di masa pendemik tetap menggunakan metode penugasan, ujian dan ulangan seperti sebelumnya.

"Soal penilaian ujian sekolah, kami mengambil 75 persen dari ujian dan 25 persen tugas-tugas sekolahnya," jelasnya. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga