Jelang Pergantian Tahun Baru, Mesjid di Makassar Diteror Bom

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Kamis, 31 Desember 2020
0 dilihat
Jelang Pergantian Tahun Baru, Mesjid di Makassar Diteror Bom
Suasana masjid saat didatangi tim Gegana Brimob Polda Sulsel usai diteror bom oleh OTK. Foto: Rizki Mas'ud/Telisik

" Tadi awalnya ada telpon masuk di handphone saya, karena saya merasa gelisah saya mencoba menelpon balik. Pemikiran saya mungkin telepon penting. Awalnya saya ditanya ada kalender? Jadi saya jawab kalender apa kita cari, dia bilang untuk tahun baru. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Jelang malam pergantian tahun 2020 ke 2021 besok, salah satu Masjid di Kota Makassar mendapatkan teror dari orang tidak dikenal (OTK).

OTK tersebut melakukan teror bom di Masjid Mujahidin Jalan Maccini Sawah, Kota Makassar. Teror tersebut diawali dengan adanya sambungan telepon seluler oleh OTK yang mengaku teroris pada Rabu (30/12/2020).

OTK tersebut menelepon seorang pengurus Masjid Mujahidin untuk meminta kalender tahun baru. Namun, tak lama berselang pembicaraan mengarah pada teror dan pengklaiman seorang teroris.

"Tadi awalnya ada telpon masuk di handphone saya, karena saya merasa gelisah saya mencoba menelpon balik. Pemikiran saya mungkin telepon penting. Awalnya saya ditanya ada kalender? Jadi saya jawab kalender apa kita cari, dia bilang untuk tahun baru," kata Pengurus Masjid, H Ila Muhammad, kepada Telisik.id saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Penetapan Tersangka Pengeroyokan IRT di Muna Tunggu Hasil Gelar Perkara

Lebih lanjut, Haji Ila mengatakan, tidak lama bercengkrama dengan pelaku teror itu, dirinya langsung diancam dengan perkataan pelaku akan meledakkan bom yang sudah berada dalam Masjid Mujahidin.

"Saya bilang, siapa ini? dia bilang saya ini teroris yang mau bom masjid mu dan itu bom sudah ada dalam masjid, dekat mimbar tapi saya anggap biasa saja karena mungkin teman-teman yang iseng. Tapi saya tidak kenal dan ancamannya serius," tutur Ila.

Hingga pukul 22:36 Wita, tim penjinak bom dari Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah meninggalkan lokasi. Belum diketahui apakah benda di dalam Masjid Mujahidin adalah bom sungguhan atau hanya teror belaka. Polisi belum memberi keterangan ihwal itu. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga