Jemaah Salat Idul Fitri Tumpah Ruah di Tomia, Sempat Diguyur Hujan

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 10 April 2024
0 dilihat
Jemaah Salat Idul Fitri Tumpah Ruah di Tomia, Sempat Diguyur Hujan
Jemaah salat Idul Fitri di Tomia, Kabupaten Wakatobi, tumpah ruah. Foto: Merdiyanto/Telisik

" Ribuan masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah, yang jatuh pada hari Rabu (10/4/2024) di Lapangan Kebangkitan Usuku di Pulau Tomia, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah, yang jatuh pada hari Rabu (10/4/2024) di Lapangan Kebangkitan Usuku di Pulau Tomia, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi. Walau sempat diguyur rintik, animo masyarakat tidak terbendung.

Pelaksanaan salat Idul Fitri dimulai sekitar pukul 07.15 Wita, namun masyarakat sudah memadati lokasi Salat Id mulai pukul 6.25.

Sambil menunggu pelaksanaan salat Idul Fitri, para jemaah mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid yang dipimpin panitia salat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Adapun yang bertindak sebagai imam salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Kebangkitan Usuku, Tomia, yakni Ustaz Rahmat Hidayat, Imam Masjid Raya Al Hikmah Usuku. Sedangkan yang bertindak sebagai Khatib Idul Fitri kali ini Ustaz Marfiji.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Idul Fitri Masih Stabil

Pada kesempatan khutbah tersebut, Ustaz Marfiji mengatakan, puncak kemenangan dari rentetan perjuangan seorang Muslim di Bulan Ramadan yakni Idul Fitri.

"Bagi mereka yang mengikuti proses tahapan demi tahapan dari perjuangan tersebut, mereka inilah yang sesungguhnya mendapat predikat Idul Fitri kembali pada fitrah, kesucian bersih, terbebas dari noda dan dosa," ucap Ustaz Marfiji.

Baca Juga: Perayaan Idul Fitri 2023 di Nusa Tenggara Timur Berjalan Aman

Sementara itu, salah satu masyarakat Usuku, Lusi, mengaku terharu karena kali ini semua masyarakat Indonesia melaksanakan salat Idul Fitri bersama-sama tanpa ada perbedaan.

"Biasanya kalau awal sudah berbeda pasti akhir juga berbeda, tapi itu tidak menjadi persoalan," ucapnya dengan senyum lebar. (B)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga