20 Kepala Sekolah Peserta Studi Tiru Singapura-Kuala Lumpur Berangkat Besok

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 18 November 2023
0 dilihat
20 Kepala Sekolah Peserta Studi Tiru Singapura-Kuala Lumpur Berangkat Besok
Puluhan kepala sekolah program studi tiru Singapura-Kuala Lumpur diberangkatkan besok. Foto. Ist.

" Puluhan pimpinan sekolah yang lolos seleksi studi tiru, akan bertolak dari Kolaka Utara menuju Singapura pada tanggal 19 November besok "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Seleksi uji kompetensi 60 kepala sekolah melalui website Guru Binar kelar, hasilnya 20 kepala sekolah yang dinyatakan lulus seleksi program studi tiru ke Singapura dan Kuala Lumpur tengah mengikuti pembekalan sebelum diberangkatkan bulan ini.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar, Dikbud Kolaka Utara, Ismail mengungkapkan, kepala sekolah yang lulus seleksi selanjutnya mengikuti pembekalan salah satunya berupa pelatihan bahasa Inggris dan pemberitahuan awal tentang budaya masyarakat negara tujuan.

"Seleksi kelar tanggal, 6 November 2023. Sekarang 20 kepala sekolah yang dinyatakan lulus telah mengikuti sesi pembekalan hingga 15 November 2023," terangnya, Sabtu (18/11/2023).

20 kepala sekolah yang dinyatakan lulus terdiri dari 10 orang Kepala Sekolah Dasar (SD) selebihnya Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rencananya, puluhan pimpinan sekolah ini bertolak dari Kolaka Utara menuju Singapura pada tanggal 19 November 2023.

"Besok mereka berangkat dari pelabuhan penyeberangan penumpang di Tobaku. Mereka di sana selama tujuh hari, terhitung sejak tanggal 19 sampai dengan 26 November 2023. Ini sudah termasuk perjalanan. Jadi efektif belajar lima hari," jelas Ismail.

Puluhan kepala sekolah ini akan studi banding ke sekolah sederajat SD dan SMP di Singapura dan Malaysia (Kuala Lumpur) yang telah ditentukan Yayasan Putra Sampoerna.

Baca Juga: 20 Kepala Sekolah Berprestasi di Kolaka Utara Bakal Studi Tiru di Singapura

"Mereka ke Singapura dulu setelah itu lanjut ke Kuala Lumpur (Malaysia)," imbuhnya.

Berikut ke-20 kepala SD dan SMP yang bakal ikut program studi tiru. Kepal SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah, Ainul Hak, Kepala SDN 15 Lasusua, Ainul, Kepala SDN 1 Ngapa, Nasriah, Kepala SDN 3 Lambai, Mardang, Kepala SDN 9 Lasusua, Sarmin, Kepala SDN 9 Kodeoha, Kepala SDN 1 Kodeoha Andi Nur Afiah, Kepala SDN 2 Pakue Tengah Ahmad, Kepala SDN 6 Kodeoha Gusniati, dan Kepala SDN 6 Lasusua Asra Usman.

Kepala SMPN Satap 8 Kolaka Utara ilham HR, SMPN Satap 3 Kolaka Utara Syamsuriadi S, Kepala SMPN 15 Kolaka Utara Kamaruddin, Kepala SMPN 1 Kolaka Utara Islamiati, Kepala SMPN 12 Kolaka Utara Muhammad Arham.

Kepala SMPN 13 Kolaka Utara Bahrir, Kepala SMPN Satap 5 Kolaka Utara Samsu Alam, Kepala SMPN 3 Kolaka Utara Hasban, Kepala SMPN Satap 2 Kolaka Utara Masnia Parandan dan Kepala SMPN Satap 14 Kolaka Utara Hj. Hasma.

Seperti diberitakan sebelumnya, program ini merupakan inisiasi Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding dan Kadis Dikbud Kolaka Utara, Muh Idrus dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Bumi Patowonua.

Untuk memuluskan program itu, Pemda Kolaka Utara menjalin kerja sama dengan Yayasan Putera Sampoerna (Sampoerna University). Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai bentuk komitmen kerja sama digelar Selasa (3/10/2023) bulan lalu di Jakarta.

Studi tiru yang diagendakan berlangsung selama tujuh hari. Menggunakan anggaran sharing antara Yayasan Putra Sampoerna dan Pemkab Kolaka Utara.

Kata Asisten I Sekertaris Daerah Kolaka Utara, Muchlis Bahtiar, program studi tiru ini merupakan langkah awal kerja sama antara Yayasan Putra Sampoerna dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Latih Kepala Sekolah Perencanaan Berbasis Data

"Ini hanya kerja sama awal, nanti akan ada kegiatan lanjutan. Termasuk program beasiswa bagi pelajar berprestasi," jawabnya melalui sambungan telepon.

Sementara itu, Sukanto Toding menilai salah satu aspek pembangunan utama adalah pendidikan. Sebab itu, sejak pertama kali menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Kolaka Utara, ia telah menggagas dan menyampaikan program studi tiru bidang pendidikan melalui rapat koordinasi OPD, camat, setda, para asisten dan staf ahli.

"Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mutu serta kualitas pendidikan di Kabupaten Kolaka Utara. Terpenting meningkatkan wawasan dan pengetahuan para kepala sekolah. Di sana mereka dapat mencontoh dan membandingkan sistem pendidikan kita di Kolaka Utara," ujarnya.

Diketahui, hari ini Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding melepas secara simbolis ke-20 kepala sekolah tersebut. Acara pelepasan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Kolaka Utara. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga