Jenis-Jenis Essensial Oil yang Baik Bagi Penderita Asma

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Jenis-Jenis Essensial Oil yang Baik Bagi Penderita Asma
Menurut sejumlah penelitian, minyak esensial dapat meringankan gejala sesak napas yang ditimbulkan oleh asma. Foto: Kompas.com

" Menurut sejumlah penelitian, minyak esensial dapat meringankan gejala sesak napas yang ditimbulkan oleh asma "

KENDARI, TELISIK.ID - Menurut sejumlah penelitian, minyak esensial dapat meringankan gejala sesak napas yang ditimbulkan oleh asma.

Banyak orang menggunakan minyak esensial dengan mengoleskan langsung ke kulit di area tenggorokan atau dada hingga memberikan efek relaksasi.

Beberapa minyak essensial memiliki efek antiinflamasi dan mungkin dapat bermanfaat untuk meredakan asma pada beberapa orang.

Berikut beberapa minyak essensial yang baik untuk penderita asma:

1. Lavender

Dilansir dari Kompas.com, menurut sebuah studi pada hewan tahun 2014, menghirup minyak esensial lavender dapat membantu mengurangi peradangan akibat alergi dan asma. Dalam menggunakannya, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam diffuser.

Baca Juga: Dengkul Pria Bergetar Tanda Kepuasan Seks, Mitos atau Fakta?

2. Cengkeh

Dikutip dari Klikdokter.com, bunga cengkeh juga bisa menghasilkan minyak esensial yang dapat membantu meredakan gejala asma. Minyak esensial cengkeh dapat membantu mengurangi gejala yang sering terjadi pada penderita asma, seperti mengi, nyeri dada, dan kesulitan bernapas.

3. Minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus atau biasa dikenal minyak kayu putih juga memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, minyak yang satu ini juga memiliki tipikal aroma yang menyegarkan dan dapat mengurangi sesak napas.

4. Tea tree oil

Pada penelitian kecil yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, temuan itu menunjukkan minyak tea tree dapat mengurangi peradangan kulit yang terjadi sebagai respons terhadap histamin.

Baca Juga: 4 Makanan Alami Ini Penghancur Batu Ginjal

Histamin adalah bahan kimia yang diproduksi tubuh dalam reaksi alergi. Alergen itu bisa memicu asma dan sesak napas pada penderitanya, dan minyak tea tree dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

Namun, penelitian tersebut hanya melibatkan 27 orang, dan saat ini belum ada bukti lebih lanjut yang mendukung temuan dari studi tersebut.

5. Minyak chamomile

Penelitian menunjukkan, minyak chamomile dapat membantu mengendurkan bronkus, yaitu saluran pernapasan yang menghubungkan batang tenggorokan ke paru-paru. Selain meredakan sesak napas, penggunaan minyak chamomile juga dapat membantu meredakan batuk. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga