Jokowi Direncanakan Bakal Resmikan Bendungan Ameroro di Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 31 Januari 2024
0 dilihat
Jokowi Direncanakan Bakal Resmikan Bendungan Ameroro di Konawe
Sekda Konawe bersama Asisten II saat menerima kunjungan Danlanud Halu Oleo di Kantor Bupati Konawe. Foto: Ist.

" Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan bakal melakukan kunjungan di Kabupaten Konawe, sekaligus meresmikan Bendungan Ameroro yang telah rampung pembangunannya "

KONAWE, TELISIK.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan bakal melakukan kunjungan di Kabupaten Konawe, sekaligus meresmikan Bendungan Ameroro yang telah rampung pembangunannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand mengatakan, Pemerintah Kabupaten Konawe sudah siap menerima kunjungan Presiden RI di Bendungan Ameroro.

Sekda menjelaskan, pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Konawe sudah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

"Selanjutnya, akan diatur oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Jadi tugas yang diberikan ke Pemda Konawe sudah kita laksanakan dengan baik," kata Ferdinand.

Baca Juga: Pemda Konawe Bahas Penetapan RDTR Bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang

Menurut Sekda, meski persiapan sudah dilakukan sedemikian rupa, tetapi pihaknya belum mendapatkan informasi secara resmi terkait jadwal kedatangan RI 01 di daerah lumbung beras Sulawesi Tenggara ini.

"Sampai saat ini, kami belum menerima schedule resmi terkait kunjungan bapak presiden," jelasnya.

Lebih lanjut, Ferdinand mengungkapkan, Danlanud Haluoleo telah meninjau persiapan lokasi yang akan dikunjungi presiden dan melakukan pengecekan kondisi di lokasi bendungan, salah satunya rencana helipad (pendaratan helikopter).

"Direncanakan presiden akan menggunakan helikopter dari bandara Haluoleo menuju lokasi bendungan," jelas Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menambahkan, ada beberapa catatan yang harus dibenahi oleh pihak PU agar pendaratan bisa lebih aman sesuai standar penerbangan TNI AU.

Baca Juga: Pemda Konawe Salurkan Ratusan Paket Sembako untuk Korban Bencana Alam

Sementara itu, Danlanud Haluoleo, Kolonel Pnb Lili Eko Susanto mengatakan, kunjungannya di Kabupaten Konawe dilakukan dalam rangka meninjau langsung persiapan terkait rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Bendungan Ameroro di Desa Ameroro, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe.

"Tadi kita sudah beri masukkan terkait apa saja yang perlu dibenahi oleh Pemda Konawe untuk menjaga keamanan dan kelancaran kunjungan Presiden RI, Joko Widodo," jelasnya.

Untuk diketahui, Bendungan Ameroro ini memiliki kapasitas tampung 54,15 juta m³ dengan luas genangan 244,51 hektare. Bendungan ini berpotensi menambah layanan daerah irigasi seluas 3,363 hektare di Kabupaten Konawe.

Sehingga, dengan selesainya pembangunan Bendungan Ameroro ini diharapkan dapat meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, tersedianya air baku, serta pengendalian banjir dan suplai air irigasi dari bendungan dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga