Pemda Kolaka Timur Salurkan Bantuan CPP Tahap II di Sejumlah Desa

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Salurkan Bantuan CPP Tahap II di Sejumlah Desa
Penyaluran bantuan CPP tahap II bulan kedua di sejumlah desa di Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Kolaka Timur mulai menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah (CPP) tahap II bulan kedua di sejumlah desa "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur mulai menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah (CPP) tahap II di sejumlah desa. Saat ini Pemda Kolaka Timur masih terus melakukan verifikasi penerima, agar bantuan ini tepat sasaran.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Timur, Idarwaty mengatakan, penyaluran bantuan CPP hari ini hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kolaka Timur sudah tersalurkan.

"Kemarin kita sudah melakukan pemeriksaan kualitas beras pangan ini sebagai tanggung jawab kita," ujarnya, Rabu (11/10/2023).

Untuk penerima bantuan CPP ini, lanjut Idarwaty, pihak Pemda Kolaka Timur masih terus melakukan verifikasi terkait adanya aduan di beberapa kecamatan bahwa ada penerima yang sudah tidak layak menerima bantuan, tapi masih menerima.

Lanjut Idarwaty, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Sosial Kolaka Timur dan beberapa dinas terkait untuk terus melakukan pendataan.

Baca Juga: Tiga Ton Beras Disiapkan untuk Cadangan Pangan di Kolaka Utara

"Saya harap pendataan ini cepat selesai dan bantuan bisa tepat sasaran, karena banyak masyarakat kita yang juga membutuhkan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka Timur, Hartini Azis mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah ini.

"Apalagi saat ini inflasi sedang meningkat dan semoga dangan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Kolaka Timur," ungkapnya.

Hartini meminta agar setiap keluarga yang menerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik, mengingat saat ini harga sembako di pasar-pasar sedang naik.

Sebelumnya Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, penyaluran bantuan ini untuk antisipasi mitigasi, dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan, yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

Penyaluran CPP lanjutnya Azis, untuk pemberian bantuan pangan tahap pertama telah selesai dilaksanakan. Sehingga perlu dilaksanakan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahap kedua agar berkesinambungan.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Tengah Salurkan Beras Cadangan Pangan ke Warga

Bupati menyebut, jumlah beras yang disalurkan sebanyak 126,24 ton yang akan diserahkan secara bertahap kepada 12.624 KK yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kolaka Timur.  

Jadi setiap KK, lanjut Azis, akan menerima 10 kg beras setiap bulan selama 3 kali berturut-turut. Sehingga diharapkan bantuan beras gratis tersebut dapat membantu meredam kesulitan masyarakat terhadap lonjakan harga beras yang sampai hari ini masih tinggi.

"Saya tegaskan kepada masyarakat bahwa bantuan beras yang disalurkan melalui Perum Bulog ini berkualitas bagus. Hal ini telah melalui proses pengecekan kualitas beras di gudang Bulog sebelumnya," bebernya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga