Jokowi Dorong Hilirisasi Timah

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
Jokowi Dorong Hilirisasi Timah
Presiden Jokowi ketika meninjau PT Timah di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (20/10/2022). Foto: Setpres

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan hilirisasi timah berjalan seperti yang sebelumnya telah dilakukan terhadap nikel "

BANGKA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan hilirisasi timah berjalan seperti yang sebelumnya telah dilakukan terhadap nikel.

Hal ini ditegaskan Presiden Jokowi usai meninjau pembangunan Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt PT Timah Tbk, di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (20/10/2022).

“Ini nanti akan selesai November dan kita harapkan, pergerakan hilirisasi di timah akan segera mengikuti seperti yang kita lakukan di nikel,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan, pembangunan smelter baru PT Timah ini menunjukkan keseriusan dalam melakukan hilirisasi timah.

Baca Juga: 71 Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak Ditemukan di Jakarta

“Yang nikel sudah, timah, bauksit, jadi semuanya akan saya ikuti,” imbuhnya.

Kepala Negara mengharapkan proses hilirisasi timah ini dapat berjalan dengan baik, serta memberikan nilai tambah untuk industri dalam negeri dan membuka lapangan pekerjaan.

“Nilai tambah di dalam negeri akan semakin banyak dan membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya,” ujarnya melalui keterangan persnya yang diterima Telisik.id.

Terkait penghentian ekspor timah, Presiden menyampaikan pihaknya masih melakukan kalkulasi serta memastikan kesiapan smelter terlebih dahulu.

“Baru dihitung. Nanti kalau sudah hitungannya matang ketemu kalkulasinya akan saya umumkan. Setop, misalnya tahun depan, atau setop tahun ini, bisa terjadi. Tapi saya kira kesiapan-kesiapan dari smelter, baik milik BUMN maupun milik swasta harus kita kalkulasi semuanya,” tuturnya.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Bersikap Tegas Terkait Larangan Pemakaian Paracetamol untuk Anak

Sementara itu, Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto mengatakan, perseroannya telah intens membangun industri hilir melalui anak perusahaan TINS yang memproduksi tin chemical dan solder.

Menurut Achmad, komitmen pemerintah untuk memperkuat hilirisasi industri domestik dapat menjadi peluang peningkatan rantai nilai tambah mendatang.

“Untuk itu sejak beberapa tahun ini, PT Timah Tbk terus berupaya meningkatkan nilai tambah dengan mengembangkan berbagai produk hilir timah seperti Tin Chemical dan Solder melalui anak perusahaan yaitu PT Timah Industri,” kata Ardianto ketika mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peninjauan pembangunan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace PT Timah Tbk di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Bangka Barat, (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga