Periksa Kesehatan Sembilan Jam, Ganjar Sempat Berkeringat di Treadmill

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Periksa Kesehatan Sembilan Jam, Ganjar Sempat Berkeringat di Treadmill
Ganjar Pranowo menerima berita acara hasil pemeriksaan kesehatan bersama Mahfud MD yang diserahkan Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Minggu (22/10/2023) sore. Foto: Ist.

" Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon (bapaslon) yang diusung PDIP dan partai koalisinya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023) berlangsung hampir sembilan jam. Pemeriksaan dimulai pukul 07:30 WIB dan berakhir pukul 16:15 WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon (bapaslon) yang diusung PDIP dan partai koalisinya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023) berlangsung hampir sembilan jam. Pemeriksaan dimulai pukul 07:30 WIB dan berakhir pukul 16:15 WIB.

Lama waktu pemeriksaan ini sama dengan waktu yang dilakukan pada bapaslon presiden-wakil presiden yang diusung Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN), sehari sebelumnya.

“Sore hari ini pukul 16:15 (WIB) seluruh rangkaian pemeriksaan sudah dilaksanakan untuk Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD,” ujar Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya, kepada para wartawan di teras Gedung Medical Check-Up (MCU) RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: Video: Ganjar Didampingi Istri Periksa Kesehatan, Mahfud MD Batuk tapi Mengaku Sehat

Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, Ganjar-Mahfud menerima berita acara telah dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba. “Saya akan serahkan bukti bahwa beliau berdua sudah selesai melaksanakan pemeriksaan dengan lengkap,” kata Budi.

Ganjar terlihat senang setelah menerima berita acara hasil pemeriksaan kesehatan terhadap dirinya dan Mahfud. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dokter pemeriksa dan pihak RSPAD Gatot Soebroto atas pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dijalaninya bersama Mahfud.

“Hadirin dan seluruh keluarga besar RSPAD, saya menyampaikan rasa terima kasih sejak tadi pagi kami dilayani dan dibawa ke sana-ke mari. Dari pagi sampai sore saya bersama Pak Mahfud, dan alhamdulillah sudah selesai. Mudah-mudahan nanti insyaallah hasilnya baik,” harap Ganjar.

Ganjar mengaku menjalani paket pemeriksaan kesehatan yang lengkap bersama Mahfud. Dia menyebut beberapa di antaranya yakni pemeriksaan THT (telinga, hidung, dan tenggorokan), penyakit dalam, kejiwaan, fisik, darah, dan jantung. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengaku, selama pemeriksaan tidak ada kendala, hanya berkeringat saat lari di treadmill.

“Tidak ada kendala, saya kira semua berjalan sangat lancar. Tadi kami sempat berkeringat saja karena treadmill,” tuturnya.

Setelah merampungkan pemeriksaan terhadap Ganjar dan Mahfud, tim dokter yang terlibat dalam pemeriksaan selanjutnya melakukan rapat pleno. Hasil dari rapat pleno kemudian diinformasikan secara lisan kepada KPU RI.

Sementara hasil pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan, dari semua bapaslon presiden-wakil presiden yang sudah menjalani pemeriksaan, nantinya diserahkan secara kolektif kepada KPU RI.

Pemeriksaan kesehatan terhadap bapaslon presiden-wakil presiden ini meliputi tes kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat bagi bapaslon setelah mendaftar di KPU RI.

Baca Juga: Ganjar Didampingi Istri Periksa Kesehatan, Mahfud MD Batuk tapi Mengaku Sehat

Sesudah itu tim KPU RI akan memverifikasi administrasi, seperti legalitas administrasi persyaratan bapaslon presiden-wakil presiden yang sebelumnya diserahkan ke KPU RI saat pendaftaran.

Ketua KPU RI, Hasim Asy'ari mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi sejak awal dengan tim medis di RSPAD Gatot Soebroto terkait persiapan pemeriksaan kesehatan bapaslon presiden-wakil presiden.

KPU akan menguji semua data yang diajukan pendaftar sah sesuai Pasal 13-21 Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2023. “Nanti tim verifikator tersebut akan memberikan status memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” jelas Hasyim.

Bapaslon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo- Mahfud MD diusung oleh koalisi PDIP, PPP, Hanura dan Perindo.  (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga