adplus-dvertising

Jokowi Siap Jadi Orang Pertama Penyuntikan Vaksin COVID-19

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 17 November 2020
1264 dilihat
Jokowi Siap Jadi Orang Pertama Penyuntikan Vaksin COVID-19
Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya. Foto: Repro Antara

" Ya kalau diputuskan (tim pakar) yang pertama disuntik presiden, ya saya siap. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan vaksin COVID-19 yang rencananya tiba di Indonesia pada akhir November ini, tidak langsung disuntikkan ke masyarakat.

Jokowi menuturkan, vaksin tersebut akan melewati tahapan-tahapan di BPOM sebelum disuntikkan, dikarenakan butuh kehati-hatian.

Jokowi juga memperkirakan vaksin COVID-19 siap disuntikkan kepada masyarakat sekitar akhir 2020 atau awal 2021. Ia pun juga mengaku siap jika diminta menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 agar masyarakat percaya dengan keamanan vaksin tersebut.


"Ya kalau diputuskan (tim pakar) yang pertama disuntik presiden, ya saya siap," ujar Jokowi seperti dilansir Tempo.co, Selasa, (17/11/2020).

Baca juga: Soal Kerumunan Massa, Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polisi

Menurut Jokowi, pemerintah sudah menetapkan daftar prioritas penerima vaksin. Sejumlah profesi yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19 akan didahulukan menerima vaksin.

Bahkan, orang nomor wahid ini menyatakan bahwa pemerintah sudah mempunyai daftar siapa saja yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 gelombang pertama.

"Yang pertama disuntik nanti adalah tenaga kesehatan, para dokter, para perawat itu didahulukan, TNI-Polri, pelayan publik, ASN di tempat pelayanan pada masyarakat didahulukan. Guru juga sama didahulukan. Nanti minggu depan simulasi," jelas Jokowi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga