adplus-dvertising

Jokowi Undang Para Menteri ke Istana Besok, Bahas Reshuffle?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 22 Maret 2022
556 dilihat
Jokowi Undang Para Menteri ke Istana Besok, Bahas Reshuffle?
Presiden RI, Joko Widodo. Foto: Repro BPMI Setpres

" Presiden Jokowi bakal merombak atau reshuffle kursi Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Maret 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang beberapa menteri untuk datang ke Istana Merdeka pada Rabu (23/3/2022) besok.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, undangan ke beberapa menteri tersebut datang di tengah isu perombakan kabinet atau reshuffle yang kembali berhembus.

Dimana beredar kabar Presiden Jokowi bakal merombak atau reshuffle kursi Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Maret 2022.


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, undangan untuk hadir ke Istana itu berkaitan dengan rapat terbatas.

Hanya saja, Johnny mengaku belum ada informasi terkait kabar reshuffle yang beredar.

"Besok saya ada undangan ratas," kata Johnny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/3/2022).

Johnny berujar ratas yang akan dipimpin langsung Presiden Jokowi itu salah satu agendanya ialah membahas penyelenggaraan MotoGP pada pekan kemarin.

Baca Juga: Menteri Muhadjir Effendy Sebut Masjid Boleh Pakai Pengeras Suara, Asal Ini

"Undangan ratasnya pasti masalah yang terkait lah. Salah satunya tentang penyelenggaraan MotoGP Mandalika itu, yang lain belum ada pembicaraannya," kata Johnny.

Dalam rapat terbatas itu juga, ia menegaskan, tidak semua menteri diundang. Kemungkinan hanya menteri-menteri terkait pembahasan agenda ratas yang akan hadir.

"Enggak. Hanya menteri-menteri kan rapat terbatas. Kalau rapat paripurna baru semuanya," kata Johnny.

Sementara itu, terkait dengan isu rehuffle yang kembali muncul, Johnny enggan untuk menanggapi. Ia berujar hal itu merupakan kewenangan Jokowi selaku presiden.

"Nah reshuffle itu domainnya presiden, jangan tanya sama saya," kata Johnny.

Mengutip detik.com, kabar reshuffle kabinet Rabu Pon, 23 Maret, juga sempat dikuatkan oleh Ketua DPP PPP Achmad Baidowi.

"Dengar sayup-sayup sih, tapi pastinya belum tahu karena itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi," kata Awiek kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga: Siapkan Huntara Pengungsi Semeru, PDGI Gandeng Indonesia Care

Meski begitu, Awiek menyebut hal itu merupakan hak prerogatif presiden. Jokowi, kata dia, punya tolok ukur tersendiri kapan harus melakukan reshuffle.

Tak hanya Awiek, elite PKB Luqman Hakim berkata hal yang sama. Dia mengaku mendengar kabar akan adanya reshuffle kabinet di akhir Maret ini.

"Kalau kabar kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini. PAN dapat satu menteri plus satu wamen," ujar Luqman, Selasa (8/3/2022) lalu.

Kendati begitu, menjelang Rabu Pon 23 Maret besok, kabar reshuffle kabinet sepi. Sejumlah sumber di lingkaran Presiden Jokowi membantah kabar reshuffle kabinet dilakukan besok. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga