Jubir Sentil Ridwan Bae yang Minta Ali Mazi Tak Bikin Gaduh Soal Pj Bupati

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 22 Mei 2022
0 dilihat
Jubir Sentil Ridwan Bae yang Minta Ali Mazi Tak Bikin Gaduh Soal Pj Bupati
Jubir Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Ridwan Badallah menyebutkan, gubernur tak punya niat membuat kegaduhan terkait 3 Pj bupati. Foto: Ist

" Juru bicara Gubernur Sulawesi Tenggara, Ridwan Badallah mengomentari pernyataan Ridwan Bae yang meminta Gubernur Ali Mazi agar tidak membuat kegaduhan dengan tidak melantik 3 Pj bupati usulan Mendagri "

KENDARI, TELISIK.ID - Juru bicara Gubernur Sulawesi Tenggara, Ridwan Badallah mengomentari pernyataan Ridwan Bae yang meminta Gubernur Ali Mazi agar tidak membuat kegaduhan dengan tidak melantik 3 Pj bupati usulan Mendagri.

Menurut Ridwan Badallah, pernyataan mantan Bupati Muna tersebut prematur dan tidak substansial. Sebab gubernur bukan tidak atau batal melantik Pj bupati tersebut, namun gubernur hanya ingin mendapat jawaban dari Mendagri, mengapa 2 dari 3 Pj yang ditunjuk tampa melalui usulan gubernur.

Lagian kata Ridwan, gubernur punya kewenangan untuk menunda pelantikan sembari menunggu hasil konsultasi ke Mendagri.

"Tidak benar kalau Bapak gubernur mengatakan membatalkan karena bukan kewenangan gubernur. Ini yang mengemuka kemarin sampai Ridwan Bae menyampaikan bahwa jangan bikin gaduh. Bapak gubernur sama sekali tidak bikin gaduh," katanya, Minggu (22/5/2022).

Ridwan juga menerangkan, kalau gubernur telah menunjuk Sekda masing-masing daerah untuk menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh). Plh akan bertugas menjalankan roda pemerintahan sementara waktu, hingga Gubernur Ali Mazi mendapatkan menemukan titik terang dari persoalan yang terjadi.

Baca Juga: Proses Panjang Pergantian Ketua DPRD Muna, Terganjal Pimpinan Hingga Berkonsekuensi Hukum

Perihal kapan gubernur mulai berkonfrontasi ke Mendagri, Ridwan menyebut akan segera dilakukan.

"Jadi sekali lagi tidak ada yang bikin gaduh. Insya Allah Pak gubernur tidak bikin gaduh," tegas Kadis Kominfo Sulawesi Tenggara ini.

Sebelumnya Ridwan Bae menyayangkan sikap Ali Mazi bila tidak jadi melantik Pj bupati usulan gubernur. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, gubernur wajib melaksanakan apa yang menjadi keputusan Mendagri.

Ridwan bilang, bila pelantikan tidak dilaksanakan akan menimbulkan kegaduhan di pemerintahan dan masyarakat.

Baca Juga: Usulan Pj Muna Barat dan Buton Selatan Ditolak, Gubernur Ali Mazi Surati Mendagri

"Saya hanya imbau saudaraku Ali Mazi untuk melantik 3 Pj bupati yang telah di SK-kan Mendagri tepat waktu. Kalau tidak dilakukan, sama saja Ali Mazi sengaja menciptakan kegaduhan," kata Ridwan Bae. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga