Jutaan Warga Muslim di Negara Ini Buka Puasa Makan Daun, Ribuan Orang Tewas

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 07 April 2023
0 dilihat
Jutaan Warga Muslim di Negara Ini Buka Puasa Makan Daun, Ribuan Orang Tewas
Kondisi Somalia semakin memilukan. Jutaan muslim di sana terpaksa harus berbuka puasa hanya dengan daun lantaran bencana kelaparan. Foto: Dream

" Kondisi Somalia semakin memilukan. Jutaan Muslim di sana terpaksa harus berbuka puasa hanya dengan daun lantaran bencana kelaparan "

SOMALIA, TELISIK.ID - Kondisi Somalia semakin memilukan. Jutaan Muslim di sana terpaksa harus berbuka puasa hanya dengan daun lantaran bencana kelaparan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengumumkan Jutaan warga muslim di Somalia hanya mampu berbuka puasa dengan daun. 

Sekjen PBB, Antonio Guterres, bahkan mencari simpati dunia untuk menyelamatkan 6 juta orang yang kelaparan di Somalia. Menurut Guterres, 50 persen warga di negara itu tidak mendapat pasokan makanan. Krisis yang melanda Somalia membutuhkan bantuan dengan berskala besar.

Baca Juga: Produsen Boneka Seks Kebanjiran Order, Alasannya Tak Terduga

"Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan penderitaan mereka," kata Guterres dilansir dari Liputan6.com.

Krisis kelaparan di Somalia disebabkan kemarau panjang yang membuat gagal panen. Situasi menjadi semakin sulit akibat krisis pasokan air bersih.

"Orang-orang Somalia menghadapi ancaman kematian. Seluruh dunia harus bertindak untuk mengakhiri krisis," kata Guterres.

"Kita perlu membantu mengatasi krisis kekeringan, perubahan iklim, serta penyakit menular, semua mimpi buruk ini," ucap Guterres melanjutkan.

Selain gagal panen, selama 25 tahun Somalia dilanda perang saudara. Kini, negara itu juga menghadapi ancaman kelompok teroris Al Shabab yang berafiliasi dengan ISIS.

Guterres tidak sendiri. Suara politik terdengar dari para aktivis kemanusiaan di seluruh dunia.

Baca Juga: 3.000 Wanita Kompak jadi Janda dalam Sehari, Ditinggal Suami karena Ini

PBB pun menyatakan ada empat negara bagian Somalia yang butuh dana bantuan mendesak mencapai US$4 miliar, setara Rp53 triliun untuk menangani kelaparan. Tiga negara lain seperti Nigeria, Yaman, dan Sudan Selatan mengalami kondisi serupa.

Awal Maret, Pemerintah Somalia mengumumkan sebanyak 110 warga dinyatakan meninggal akibat kelaparan dalam 48 jam. Tentunya, dalam 90 hari kemudian jumlah tersebut bertambah menjadi ribuan.

"Kami mengharap dunia membantu mengatasi krisis ini!" kata Presiden Somalia, Mohamed Abdullahi Mohamed dilansir dari Dream.co.id. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga