Kadin Muna Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
Kadin Muna Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM
Bupati Muna, LM Rusman Emba didampingi Kapolres AKBP Mulkaifin dan Dandim 1416 Muna Letkol Inf Gilles R.B Hogendorp membuka Muskab Kadin. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kadin Muna siap bangkitkan ekonomi dengan membantu memasarkan produk UMKM yang menjadi unggulan daerah "

MUNA, TELISIK.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Muna telah memiliki pimpinan baru. Adalah La Ode Rafidin terpilih melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) VI yang diselenggarakan Senin (27/3/2023) kemarin.

Rafidin menerangkan, Kadin merupakan organisasi tempat berhimpunya para pelaku usaha dalam rangka peningkatan perekomonian.

Nah, saat ini, langkah yang akan dilakukannya adalah berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk mendorong peningkatan kualitas produk hasil industri dan alam.

"Kami dari Kadin siap bangkitkan ekonomi dengan membantu memasarkan produk UMKM yang menjadi unggulan daerah," kata pria yang kerap disapa Idin itu.

Wakil Ketua Kadin Sulawesi Tenggara, Sukarni Alimadya menerangkan, Kadin merupakan organisasi resmi yang dibentuk pemerintah melalui UU Nomor 1 tahun 1987. Ia mengaku, saat pandemi COVID-19 melanda, pertumbuhan ekonomi sangat meresot.

Baca Juga: Produk UMKM Lokal Butuh Perbaikan Fasilitas Pemerintah

Karena itu, saat ini dengan kembali aktifnya Kadin Muna, diharapkan mampu menjawab segala tantangan dalam dunia usaha dengan menjadikan pemerintah sebagai mitra strategis.

"Mulai saat ini, kita satukan hati untuk membangkitkan ekonomi Muna melalui Kadin," ajaknya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat mendukung langkah-langkah mendorong percepatan peningkatan perekonomian yang dilakukan Kadin. Ia yakin, di bawah kepemipinan Rafidin, Kadin bisa maju.

"Dengan adanya Ketua Kadin baru merupakan letak kemajuan perekonomian," ujarnya.

Ia mengingatkan pada Rafidin, agar jangan ragu dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kepentingan para pelaku usaha.

Baca Juga: Surunuddin Dorong Percepatan Realisasi Belanja Produk UMKM Lokal

"Harus cepat dan gesit, jangan buang-buang waktu," timpalnya.

Di Bumi Sowite banyak produk UMKM yang bisa dipasarkan. Antara lain tenun yang sudah memboming hingga ke mancanegara. Kemudian, pabrik jagung yang dibangun Pemkab Muna diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saat ini tinggal Kadin memainkan perannya untuk membantu memasarkan," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga