Produk UMKM Lokal Butuh Perbaikan Fasilitas Pemerintah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
Produk UMKM Lokal Butuh Perbaikan Fasilitas Pemerintah
Sejumlah produk jajanan milik pelaku UMKM. Foto: PengusahaSukses.com

" Pemerintah dapat membantu memasarkan produk UMKM serta memperbaiki fasilitasnya, baik produk dari usaha kuliner maupun produk lainnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah diminta ringankan beban Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pengamat Ekonomi Sultra, Abdur Rahman Farisi menuturkan, UMKM Sultra memiliki masalah pada pembuatan kemasan yang masih tergolong mahal, sehingga berpengaruh pada harga produk dari UMKM.

"Pemerintah dapat membantu memasarkan produk UMKM serta memperbaiki fasilitasnya, baik produk dari usaha kuliner maupun produk lainnya," ungkapnya, Rabu (4/11/2020).

Rahman juga menambahkan, selain pemerintah pelaku BUMN juga dapat membantu perkembangan produk UMKM yang ada di Sultra.

"Setiap uang yang masuk sangat bermanfaat bagi masyarakat kecil," tuturnya.

Baca juga: Lansia Peroleh Zakat ASN Kota Kendari

Sebelumnya, pembiayaan ekspor masih menjadi masalah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Hal itu dibahas dalam pertemuan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dengan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Royke Tumilaar.

Dalam pertemuan itu, dibicarakan banyak hal termasuk urgensi aspek keuangan bagi UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor.

Menurut Jerry, banyak sekali UMKM yang berpotensi ekspor tetapi masih belum punya pengetahuan mengenai bagaimana mekanisme dan bagaimana pembiayaannya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga