Jembatan Buton-Muna Terpanjang Tanpa Tiang

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
Jembatan Buton-Muna Terpanjang Tanpa Tiang
Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tahun ini sudah dilelang oleh lembaga infrastruktur pembiayaan. "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan jembatan penghubung Buton-Muna (Tona) segera terwujud. Kini, jembatan yang direncanakan sepanjang 680 m itu perencanaanya telah selesai.

Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae menerangkan, jembatan penghubung Tona terpanjang di Indonesia yang akan dibangun tanpa tiang dengan total anggaran kurang lebih Rp 2,8 triliun.

"Tahun ini sudah dilelang oleh lembaga infrastruktur pembiayaan," kata Ridwan Bae.

Menurut mantan Bupati Muna dua periode itu, pembangunan jembatan penghubung itu dalam rangka memperkuat infrastruktur untuk mendukung perekonomian dan pelayanan dasar antar kabupaten di kepulauan.  

Baca juga: Maulid Nabi di Tengah COVID-19, Bentuk Ujian Kesabaran Insan yang Beriman

"Dengan jembatan itu akan mempermudah akses transportasi darat," timpalnya.

Ia juga mengapresasi langkah Pemprov Sultra, Pemkab Muna, Buton Tengah (Buteng) dan Pemkot Baubau yang telah serius dalam mendukung program pembangunan jembatan penghubung itu.

Akses masuk pada jembatan penghubung itu berada di Baruta, Kabupaten Buteng dan Palabusa, Kota Baubau. Kewajiban Pemkab Muna, Buteng dan Kota Baubau adalah mendukung peningkatan akses jalan menuju jembatan dan pembebasan lahan. Pemkot Baubau tahun ini, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk pembebasan lahan warga di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lealea. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga