Surunuddin Dorong Percepatan Realisasi Belanja Produk UMKM Lokal

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
Surunuddin Dorong Percepatan Realisasi Belanja Produk UMKM Lokal
Saat berada di Kabupaten Badung, Bali, dalam kegiatan percepatan realisasi belanja produk dalam negeri, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, yang didampingi sejumlah aparatnya beserta Ketua Kadin Konawe Selatan Adi Jaya Putra, menegaskan, sudah bertindak sesuai instruksi pusat. Foto: Ist

" Guna mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat di Kabupaten Konawe Selatan, akibat COVID-19 dan kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga menginstruksikan, agar penggunaan belanja produk dalam negeri dan UMKM lokal lebih ditingkatkan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Guna mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat di Kabupaten Konawe Selatan, akibat COVID-19 dan kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga menginstruksikan, agar penggunaan belanja produk dalam negeri dan UMKM lokal lebih ditingkatkan.

Di mana upaya itu dengan terus mendorong percepatan realisasi belanja produk dalam negeri dan UMKM dengan pemanfaatan katalog elekronik (E-Catalog). Dengan begitu, diharapkan berdampak positif terhadap perekonomian.

Bupati dua periode ini menyebutkan, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk UMK dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Operasi Zebra, Polres Muna Diserang Informasi Hoaks

“Jadi ini sesuai intruksi Pemerintahan Pusat. Jadi kita harus bangga pada produksi lokal UMKM kita,“ ujar Surunuddin.

"Dengan konsolidasi belanja lokal membuat penggunaan APBN/APBD lebih efisien, sehingga dananya bisa semakin optimal digunakan untuk berbagai kepentingan masyarakat,” tambah politisi Partai Golkar ini.

Baca Juga: Tak Berfungsi Maksimal, Pekerjaan Talang Bendung Subak Tokai Dibongkar

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Konawe Selatan, St Chadidjah mengungkapkan, usai menerima arahan bupati, pihaknya langsung mengeluarkan surat edaran, yang ditujukan pada seluruh kepala OPD agar dalam rangka peningkatan sumber daya UMKM di Konawe Selatan, setiap pelaksanaan kegiatan menggunakan E-Catalog Lokal.

“Konawe Selatan sudah bergerak. Pimpinan dan kepala OPD untuk segera melakukan transaksi katalog elektronik lokal untuk pengadaan barang yang sesuai kebutuhan masing-masing OPD-nya,“ ungkap Chadidjah.  (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga