Kadin: Pengusaha Lokal Harus Diberi Ruang di Bisnis Tambang

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 07 Maret 2020
0 dilihat
Kadin: Pengusaha Lokal Harus Diberi Ruang di Bisnis Tambang
Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara Jaffray Bittikaka, Foto : Istimewa

" Saya menginginkan pengusaha tambang yang ada di Sulawesi Tenggara sebagai pelaku bisnis, dapat berjaya yakni mampu bersaing dengan pengusaha dari luar daerah, tidak ketinggalan, karena peran pengusaha lokal juga sangat besar bagi pemberdayaan daerah. "

KENDARI, TELISIK. ID - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) Jaffray Bittikaka meminta, kepada pihak terkait untuk memberdayakan pengusaha lokal di wilayah itu sehingga mereka mampu bersaing dengan pengusaha dari luar daerah.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Coffee Talk yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Tambang Sultra, di salah satu hotel di Kendari, Sabtu, (07/03/2020).

Jaffray mengatakan, dalam membangun perekonomian daerah ini, pihak-pihak terkait seperti Dinas Enegri dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harusnya memberdayakan para pengusaha tambang lokal, sehingga mereka juga mampu maju dan bersaing dengan pengusaha luar daerah bahkan asing yang berinvestasi di Sultra.

Baca juga: Hiswana Keluhkan Pengusaha Tambang Ambil BBM dari Agen Ilegal

Menurut dia, Dinas ESDM harus mampu memberdayakan para pengusaha  tambang yang ada di Sultra dengan cara menjadi mediator dengan lembaga negara ataupun swasta.

"Saya menginginkan pengusaha tambang yang ada di Sulawesi Tenggara sebagai pelaku bisnis, dapat berjaya yakni mampu bersaing dengan pengusaha dari luar daerah, tidak ketinggalan, karena peran pengusaha lokal juga sangat besar bagi pemberdayaan daerah," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa, Kadin Sultra mengajak para pelaku usaha di sektor pertambangan, untuk lebih berperan aktif dalam berbagai usaha terutama dalam usaha pertambangan, agar perekonomian daerah ini lebih maju dan lebih baik di masa mendatang.

"Pengusaha lokal harus mampu menyatukan pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha dalam membangun daerah, karena akan menjadi bukti bahwa pengusaha lokal ini bekerja membangun daerah ini,” tutupnya.

Reporter: Dul
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga