Kadis Perikanan: TPI Sodohoa Hanya Tempat Menjual Ikan

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 14 Maret 2021
0 dilihat
Kadis Perikanan: TPI Sodohoa Hanya Tempat Menjual Ikan
Lahan parkir TPI yang berubah menjadi pasar. Foto: Musdar/Telisik

" Karena kita statusnya disitu TPI Higienis. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perikanan Kota Kendari menegaskan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodohoa diperuntukkan hanya untuk penjualan ikan.

"Karena kita statusnya disitu TPI Higienis," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail, Minggu (14/3/2021).

Hal itu dipertegas Imran menyusul wajah TPI yang sudah berubah seperti pasar.

Berdasarkan pantauan, lahan yang diperuntukkan untuk memarkir kendaraan di TPI sudah diisi oleh pegang sayur mayur dan pedagang lainnya. Sehingga, banyak pengunjung tidak bisa lagi memarkirkan kendaraannya di dalam TPI.

Baca juga: Dukung Percepatan Pemekaran Kepton, Ratusan Pengurus Hipton Dikukuhkan

Untuk mengembalikan fungsinya, Imran mengungkapkan, berdasarkan hasil diskusinya bersama pimpinan, rencananya di dalam TPI akan direvitalisasi ulang.

"Kita akan revitalisasi dan kita akan matangkan di lokasi yang ada sekarang ini (samping kantor POM Angkatan Laut) dan kita akan coba pindahkan (pedagang) disitu," kata Imran.

Senada, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik mengatakan, RDP terkait TPI yang sebelumnya dilaksanakan karena pemerintah pusat tidak mau lagi memberikan bantuan di TPI. Alasannya, kawasan itu tidak lagi digunakan sesuai dengan fungsinya.

"Karena di sana (TPI) sudah seperti pasar, makanya tidak mau menurunkan bantuan dia. Itu yang coba kita rapikan, bagaimana melihat tempat-tempat yang disediakan Pemerintah Kota Kendari yang bersumber dari APBN atau APBD itu difungsikan sesuai dengan fungsinya yang sesungguhnya," ungkapnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga