adplus-dvertising

Kalah 0-3 dari Vietnam, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Ungkap Penyebabnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 07 Mei 2022
592 dilihat
Kalah 0-3 dari Vietnam, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Ungkap Penyebabnya
Suasana pertandingan Timnas Indonesia lawan Timnas Vietnam. Foto: Repro okezone.com

" Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyebut, keputusan wasit menjadi alasan utama skuad Garuda Muda bisa kalah 0-3 dari Vietnam "

PHU THO, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dari timnas Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Duel Garuda Muda - julukan timnas Indonesia, dengan The Golden Stars - julukan timnas Vietnam ini berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan tuan rumah.

Gol-gol timnas Vietnam dalam laga ini dicetak Nguyen Tien Linh (54'), Do Hung Dung (74') dan Le Van Do (87').


Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, kekalahan ini membuat timnas Indonesia U-23 terpuruk di peringkat empat klasemen Grup A dengan koleksi nol poin dari satu laga.

Posisi merah putih ini hanya lebih baik dari Timor Leste yang dimatchday pertama kalah 0-4 dari Filipina.

Sementara itu, kemenangan ini membuat Vietnam menempel ketat Filipina di posisi kedua. Tim asuhan Park Hang-seo mengoleksi tiga poin dari satu laga, hanya kalah selisih gol dari Filipina.

Menanggapi hasil pertandingan tersebut, dikutip dari okezone.com, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyebut, keputusan wasit menjadi alasan utama skuad Garuda Muda bisa kalah 0-3 dari Vietnam.

Baca Juga: Malam Ini Timnas Indonesia U-23 Hadapi Vietnam di SEA Games 2022

Pasalnya, ia menilai, ada banyak keputusan wasit yang merugikan Timnas Indonesia U-23 hingga membuat Vietnam pun pada akhirnya menang.

Dengan kekalahan tersebut, Shin Tae-yong tak mau berkomentar terlalu banyak. Dia hanya memberi selamat kepada tuan rumah bisa memenangkan partai pembuka ini.

“Tidak banyak yang bisa saya katakan setelah kekalahan 0-3 ini. Selamat untuk Vietnam U23,” ucap Shin Tae-yong setelah laga dikutip laman Zing News, Jumat (6/5/2022).

Terlepas dari itu, Shin Tae-yong tak puas dengan beberapa keputusan wasit. Salah satunya adalah dengan meloloskan tiga kali momen pemain Vietnam U-23 yang dianggap telah offside.

Baca Juga: Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Menang Atas Vietnam

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengatakan, keputusan wasit menjadi salah satu faktor kekalahan Timnas Indonesia U-23.

“Perlu juga ditambahkan bahwa Vietnam U-23 memiliki 3 kesalahan offside tetapi wasit mengabaikannya. Itu membuat kami kalah,” tambah Shin Tae-yong.

Selanjutnya Timnas Indonesia U-23 wajib menang saat melawan Timor Leste U-23 pada matchday kedua Grup A Sea Games 2021. Laga tersebut akan berlangsung pada Selasa 10 Mei 2022 pukul 18.15 WIB. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga