Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari Optimalkan Pengelolaan PNBP

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 22 Juni 2023
0 dilihat
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari Optimalkan Pengelolaan PNBP
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari melakukan optimalisasi PNBP dengan melibatkan stakeholder terkait. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari bersama stakeholder terkait melakukan koordinasi evaluasi pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang efisien dan transparan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mewujudkan program pemerintah pusat yang berkomitmen dalam pencegahan korupsi di semua kementerian dan lembaga termasuk di pelabuhan dan bandar udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari bersama stakeholder terkait melakukan koordinasi evaluasi pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang efisien dan transparan.

Dr Achmad Farchanny Try Adryanto selaku Direktur Survailans dan Karantina Kesehatan mengatakan, saat ini pemerintah tengah mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan kegiatan yang ada di pelabuhan berjalan dengan efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Jadi untuk mewujudkan pelayanan yang lebih prima dari instansi lembaga dan pemerintah dari pelabuhan ke masyarakat," tuturnya.

Pengelolaan PNBP yang transparan dan akuntabel menjadi salah satu prioritas, karena merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang dapat diandalkan.

Baca Juga: Penumpang Resah Praktik Calo Tiket Tak Kunjung Usai di Pelabuhan Nusantara Kendari

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari, dr. La Ode Muhammad Hajar Dony mengatakan, semua pihak perlu bekerja sama yang baik termasuk pengguna jasa layanan KKP Kelas II Kendari. Dengan adanya pertemuan ini bisa menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki.

"Potensi-potensi PNBP nanti ke depan seperti apa yang bisa dikembangkan," ujarnya pada Telisik.id, Rabu (21/6/2023).

Perlunya pengoptimalan penerimaan negara, terutama dari potensi-potensi yang belum digali saat ini seperti PNBP pemeriksaan higiene sanitasi air pada alat angkut, restoran/rumah makan/TPP di wilayah bandara yg memenuhi kriteria PNBP. 

Baca Juga: Upaya KKP Mencegah Masuknya Virus Corona di Sultra

Kepala KKP Kelas II Kendari menambahkan, masih perlu intensifikasi dan mengoptimalkan sumber-sumber penerimaan negara yang sudah ada, sekaligus melakukan optimalisasi royalti sumber daya alam yang selama ini masih belum digarap.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Kolonel Agus Winartono mengatakan, interkoneksi antar lembaga sangat diperlukan.

"Interkoneksi layanan di pelabuhan antar lembaga pemerintah. Memang, target dari Stranas PK KPK yang dibenahi sekarang ini adalah layanan dari lembaga pemerintah yang berada di pelabuhan," tuturnya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga