Upaya KKP Mencegah Masuknya Virus Corona di Sultra

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 25 Januari 2020
0 dilihat
Upaya KKP Mencegah Masuknya Virus Corona di Sultra
Virus Corona Foto : Internet

" Kamipun mengandalkan petugas medis yang sudah terlatih dalam mendeteksi secara kasat mata penumpang yang mengalami demam tinggi disertai gejala batuk dan gejala lain untuk dilakukan penanganan khusus. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari meningkatkan pengawasan di sejumlah pelabuhan untuk mencegah masuknya virus Corona di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Plt Kepala KKP Kendari Adha F Ondu, mengatakan, dalam upaya pencegahan Virus Corona mereka bekerja sama dengan beberapa instansi terkait untuk melakukan pengawasan terhadap penumpang yang pergi ataupun datang di pelabuhan.

Baca Juga: OPD dipimpin Plt, Pengamat Menilai Kinerja Pemprov Sultra Tidak Efektif

"Kamipun mengandalkan petugas medis yang sudah terlatih dalam mendeteksi secara kasat mata penumpang yang mengalami demam tinggi disertai gejala batuk dan gejala lain untuk dilakukan penanganan khusus," katanya.

Pelabuhan yang mejadi perhatian khusus adalah Pelabuhan Nusantara Kendari, Pelabuhan Murhum Baubau, Pelabuhan Kolaka, Pelabuhan Raha dan Pelabuhan Wakatobi.

"Alat pemindai suhu tubuh atau thermal scanner, tidak dipasang di Pelabuhan karena kami hanya memiliki satu alat dan itu dipasang di Bandara Haluoleo," katanya.

Di pelabuhan kapal tidak akan berangkat sebelum mendapatkan rekomendasi dari Imigrasi, Karantina dan Kesehatan Pelabuhan.

"Jadi dalam upaya pencegahan Virus Corona tidak hanya pada pelabuhan internasional atau bandara internasional, tetapi terhadap pelabuhan lokalpun kami lakukan pengawasan untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang," katanya.

"Para turis atau tenaga kerja asing dari luar negeri atau negara yang terpapar virus corona, saat di Indonesia khususnya di Sultra akan dipantau pergerakannya karena ditakutkan masa inkubasi virus itu terjadi saat sudah berada di wilayah Indonesia," katanya.

Repoter: M7
Editor: Sumarlin

Baca Juga