Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Tingkatkan Pelayanan Sistem Tiket Online

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Tingkatkan Pelayanan Sistem Tiket Online
Pemberlakuan sistem tiket online membuat masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan untuk mengantre di loket tiket. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Dalam rangka meningkatkan pelayanan transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara menerapkan sistem tiket online "

KENDARI, TELISIK.ID – Dalam rangka meningkatkan pelayanan transportasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara menerapkan sistem tiket online.

Penerapan sistem tiket online diyakini dapat memberikan banyak manfaat dalam pengelolaan transportasi. Selain itu, memudahkan masyarakat dalam mengakses pembelian tiket dimana saja dan kapan saja, serta dapat mengurangi maraknya calo.

Dalam sistem tiket online, Dinas Perhubungan dapat menyediakan informasi terkait jadwal keberangkatan, pemberhentian, dan estimasi waktu perjalanan. Hal ini akan membantu masyarakat untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menghindari keterlambatan atau ketidakpastian.

Dengan adanya sistem tiket online, data tentang penggunaan transportasi, jumlah penumpang, dan preferensi moda transportasi dapat dikumpulkan. Data ini dapat digunakan untuk analisis dan perencanaan ke depan, seperti peningkatan jalur transportasi yang ramah lingkungan, penyesuaian jadwal, dan perbaikan layanan.

Sekretaris Dishub Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin mengatakan, pelayanan sistem tiket online dapat mengurangi antrean dan praktik calo. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

 

Hal ini dapat membantu dalam pengawasan dan keamanan transportasi. Misalnya, dengan adanya sistem pemesanan tiket online, Dinas Perhubungan dapat memantau jumlah penumpang yang masuk dan keluar dari moda transportasi untuk memastikan kapasitas yang aman dan mengurangi risiko kelebihan penumpang.

Baca Juga: Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Tingkatkan Layanan Transportasi Darat

Masyarakat dapat memesan tiket transportasi dengan mudah melalui aplikasi yang tersedia. Mereka tidak perlu datang ke loket penjualan tiket fisik atau menghadapi antrean yang panjang. Cukup dengan mengakses situs online, pengguna dapat memilih jadwal, pemberhentian, dan jenis tiket yang diinginkan.

Dilansir dari Dephub.id, sosialisasi penjualan tiket transportasi umum secara online perlu lebih ditingkatkan. Sosialisasi tersebut perlu dilakukan lantaran masih banyak calon penumpang yang mengantre panjang untuk membeli tiket di loket. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

‘’Pembelian tiket secara online selain dianggap aman, juga dapat memudahkan para pemudik untuk melakukan pembelian tiket tanpa perlu mengantre panjang dan bisa melakukan perencanaan dari jauh-jauh hari,’’ jelasnya.

Baca Juga: Terminal Tipe B Baruga, Wujud Perhatian Dishub Sulawesi Tenggara pada Masyarakat

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin menjelaskan, penerapan sistem tiket online perlu ditingkatkan lagi agar dapat dinikmati masyarakat dan tentunya diperlukan pelatihan dari pihak Dinas Perhubungan.

‘’Sistem tiket online diberlakukan agar antrean tiket tidak membludak dan menghindari praktik calo. Namun saat ini masih saja ada praktik calo yang merugikan masyarakat dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab,’’ tambahnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ke depannya, di setiap pelabuhan atau loket pembelian tiket dapat dipasang CCTV yang dipantau dari kantor Dishub langsung. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga