Kapal Cepat Makin Lambat, DPRD Muna Murka

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 02 Mei 2024
0 dilihat
Kapal Cepat Makin Lambat, DPRD Muna Murka
Kapal cepat rute Raha-Kendari saat mengangkut penumpang di Pelabuhan Nusantara Raha. Foto: Ist.

" Kapal cepat PT Pelayaran Dharma Indah rute Kendari-Raha-Baubau (PP) mendapat sorotan dari para pengguna jasanya. Betapa tidak, kapal cepat itu makin lambat dalam pelayarannya "

MUNA, TELISIK.ID - Kapal cepat PT Pelayaran Dharma Indah rute Kendari-Raha-Baubau (PP) mendapat sorotan dari para pengguna jasanya. Betapa tidak, kapal cepat itu makin lambat dalam pelayarannya.

DPRD Muna pun geram dengan ulah pihak perusahaan pelayaran yang diduga sengaja memperlambat laju kapal untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM).

Anggota DPRD Muna, Tarimi menerangkan, kapal cepat di bawah naungan PT Pelayaran Dharma Indah sudah kerap berulah dan saat ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi.

Akibat makin lambatnya laju kapal, membuat para penumpang dirugikan. Bayangkan, selama ini untuk rute Raha-Kendari yang seharusnya ditempuh 2,5 jam, menjadi 5 jam.

"Sudah sangat keterlaluan dan tidak bisa dibiarkan lagi. Pihak kapal ini seenaknya saja," sorot Tarimi, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga: Kapal Cepat Bahari Kendari-Raha Terima Tuntutan Warga Cempedak untuk Ubah Jalur

Ketua DPD NasDem Muna itu mengaku, sudah sering mengadukan pelayanan kapal itu ke pihak Syahbandar hingga Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara. Namun, lagi-lagi kesepakatan yang dibangun, diabaikan begitu saja.

"Jadi memang, pihak perusahaan kapal ini keras kepala," timpalnya.

Nah, dengan kondisi itu, DPRD akan mengagendakan memanggil pihak Syahbandar dan perusahaan pelayaran untuk memintai pertanggungjawabannya. Karena buruknya pelayanan kapal ini sangat merugikan pengguna jasa.

"Kita juga koordinasikan ke Kemenhub. Bila pihak kapal terus berulah, kita rekomendasikan agar izinnya dicabut," tegasnya.

Para pengguna jasa mengeluhkan lambatnya laju kapal. Salah seorang penumpang, Zainab Ihu yang berangkat dari Raha ke Kendari, Rabu (1/5/2024) misalnya harus menelan pil pahit.

Baca Juga: Sering Ciptakan Ombak Besar, Kapal Cepat Raha-Kendari Diblokade Warga di Tengah Laut

Pasalnya, kapal yang berangkat dari Raha sekira pukul 10.00 Wita, tiba di Kendari pukul 15.00 Wita. Buntutnya, tiket pesawatnya di Bandar Udara Haluoleo Kendari pukul 15.00 Wita hangus, karena terlambat.

"Alhamdulillah kapal hari ini Raha Kendari 5 jam hangus penerbangan tiket pesawat jam 3," tulis Zainab Ihu di akun Facebooknya.

Sementara itu, pihak perusahan pelayaran belum ada yang memberikan keterangan terkait lambatnya laju kapal itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga