Karakter Spiritual dan Sosial Harus Dipersiapkan Hadapi Era Society 5.0

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Karakter Spiritual dan Sosial Harus Dipersiapkan Hadapi Era Society 5.0
Ketua Dewan Pendidikan Sultra Dr. H. Nur Alim, menjadi pembicara dalam seminar nasional yang diinisiasi HMJ Pendidikan Akuntansi FKIP UHO, menyebut bahwa Karakter spritual dan karakter sosial menjadi hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi era society 5.0. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Karakter spritual dan karakter sosial, serta kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi, menjadi hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi era society 5.0, karena kedepannya tingkat persaingan akan jauh lebih besar dibandingkan saat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Karakter spritual dan karakter sosial, serta kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi, menjadi hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi era society 5.0, karena kedepannya tingkat persaingan akan jauh lebih besar dibandingkan saat ini.

Hal itu diungkapkan, Ketua Dewan Pendidikan Sultra Dr. H. Nur Alim, saat menjadi pembicara dalam giat, seminar nasional bertema, arah baru pendidikan akuntansi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di era society 5.0.

Dimana giat tersebut diinisiasi oleh, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Kamis (14/7/2022).

Nur Alim mengatakan, giat tersebut merupakan hal positif yang harus diapresiasi, terutama bagi penyelenggaraan yang merupakan mahasiswa yang sedang memijakkan masa depan, sekaligus mengantisipasi dan mempersiapkan diri dimasa mendatang.

"Agar bisa survive dan eksis di masa depan. Karena zaman ini tidak pernah mundur dan tidak pernah berhenti berjalan, zaman ini akan selalu berubah," ungkapnya.

Ia mengatakan zaman ke depan yakni society 5.0, akan berbeda dengan zaman saat ini. Untuk zaman sekarang ketergantungan terhadap teknologi dalam rangka untuk efisiensi ekonomi dan yang lainnya.

"Membuat banyak yang melupakan aspek kemanusiaan, maka ke depan, itu harus dijadikan hal penting untuk menjadi perhatian, tetapi tidak meninggalkan kemajuan teknologi dan komunikasi," ujarnya.

Tempat sama, Ketua HMJ Pendidikan Akuntansi FKIP UHO Kendari, Darmin mengatakan giat tersebut bertujuan untuk mempersiapkan arah baru pendidikan.

Baca Juga: UHO Kendari Evaluasi Kurikulum dan Ukur Ketercapaian CPL

Dalam hal ini, untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkompeten di bidang masing-masing, terutama untuk mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UHO.

Seminar itu kata dia, membuat mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas serta mendapatkan lebih banyak informasi, demi mendukung kualitas diri dimasa yang akan datang.

"Seminar ini menambah wawasan tentang digitalisasi sistem pendidikan dan tenaga kerja, sehingga kita mampu beradaptasi dengan zaman dan mampu menjadi SDM yang unggul," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Al Hikmah Fajar mengatakan giat tersebut dilakukan secara hibrid dan diikuti oleh ratusan mahasiswa.

Baca Juga: Siswa SMKN 4 Kendari PKL di 98 Instansi dan Industri

Sehingga ia berharap, setelah mengikuti giat tersebut para mahasiswa benar-benar terbuka pikirannya untuk mempersiapkan diri menyambut era society 5.0.

"Apalagi kita sebagai mahasiswa adalah agent of change," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga