FHIL UHO dan FAPERTAHUT UNSULBAR Teken PKS Tridharma Perguruan Tinggi

Aris Mantobua, telisik indonesia
Rabu, 09 Maret 2022
0 dilihat
FHIL UHO dan FAPERTAHUT UNSULBAR Teken PKS Tridharma Perguruan Tinggi
Proses pengesahan PKS antara FHIL UHO dan FAPERTAHUT UNSULBAR. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Kegiatan penandatanganan MoU dimulai dengan acara tandatangan antara kedua fakultas "

KENDARI, TELISIK.ID - Acara Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama (PKS) antara pimpinan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL UHO) dengan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) dilakukan Rabu, (9/3/2022).

Acara penandatanganan tersebut  dilaksanakan di Aula FHIL UHO. Kegiatan penandatanganan PKS dimulai dengan acara tanda tangan antara kedua pimpinan fakultas.

Dekan FHIL UHO, Prof Aminuddin Mane Kandari, menjelaskan, pentingnya PKS antara kedua fakultas adalah sebagai bentuk tindak lanjut dari program Kemendikbudristek untuk merdeka belajar, kampus merdeka dengan menggelar kegiatan tridharma perguruan tinggi seperti pertukaran antar mahasiswa lintas universitas, fakultas dan Prodi, penelitian ditingkat provinsi, serta pengabdian terhadap masyarakat. Hal tersebut bisa terealisasi dengan adanya PKS yang telah disetujui masing-masing universitas.

"Kami sudah merencanakannya kurang lebih satu bulan yang lalu," ucap Prof Aminuddin Mane.

Ia juga menambahkan, hubungan kerjasama antara kedua fakultas adalah bentuk dari tridharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pengajaran/pendidikan kerja sama dengan melibatkan pertukaran mahasiswa, agar bisa mengikuti perkuliahan di masing-masing universitas baik dalam bentuk online maupun luring dengan mata kuliah yang sama.  

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi, UHO dan UMW Kendari Teken MoU

"Misal ada dosen atau mahasiswa, bisa mengajar dan menerima pelajaran dengar pertukaran tersebut," tambahanya.

Dalam bidang penelitian, kolaborasi antara kedua fakultas bisa merumuskan penulisan jurnal bersama di masing-masing provinsi dari universitas yang sudah bekerja sama.

Untuk pengabdian kemasyarakat, ia mengharapkan, kegiatan mahasiswa berupa KKN bisa terjalin antara kedua wilayah dari masing-masing universitas sehingga mahasiswa mampu mentransfer keilmuan.

Baca Juga: Undip Raih Juara Utama Debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-2

"Ada mahaiswa FHIL UHO bisa KKN di Sulbar begitu juga sebaliknya, mahasiswa UNSULBAR bisa KKN di Sultra," tuturnya.

Aminuddin Mane menaruh harapan yang besar terhadap kerja sama tersebut. Dengan adanya PKS, mahasiswa atau alumni dari masing-masing fakultas bisa memiliki kapasistas yang komperehensif dari keilmuan yang mereka miliki.

Peningkatan sumber daya mahasiswa dapat terjalin terus-menerus sehingga mampu melahirkan alumni yang bisa berdaya saing, ketika sudah keluar dari kampus. (C)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga