Kartu Sehat Konawe Dinonaktifkan Sementara Waktu

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 20 Januari 2021
0 dilihat
Kartu Sehat Konawe Dinonaktifkan Sementara Waktu
Kartu KSK. Foto: Repro Facebook

" Jadi kita menunggu dulu validasi data dari Kemensos, baru kita aktifkan lagi bila masih masuk kategori warga kurang mampu. "

KONAWE, TELISIK.ID - Program Kartu Sehat Konawe (KSK) yang yang menjadi program dari Pemerintah Kabupaten Konawe di masa kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Gusli Topan Sabara menjadi perbincangan di tengah masyarakat saat ini.

Pasalnya, kartu yang diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat kurang mampu di bidang kesehatan ini tak dapat digunakan lagi.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdianan Sapan mengatakan, program Kartu Sehat Konawe saat ini dihentikan dalam sementara waktu karena masih menunggu data validasi dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Validasi ini bertujuan untuk mengetahui warga kurang mampu yang belum terdata maupun yang sudah tidak masuk lagi kategori warga kurang mampu.

Baca juga: Sempat Terisolir, Lima Desa di Sulbar Sudah Bisa Diakses

Lebih lanjut, pihaknya menyebut bahwa dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konawe yang cukup pesat, apalagi ditambahnya dengan adanya industri tambang PT VDNI dan PT OSS di Morosi yang telah menyerap ribuan tenaga kerja lokal. Maka diharapkan jumlah warga kurang mampu telah berkurang.

"Jadi kita menunggu dulu validasi data dari Kemensos, baru kita aktifkan lagi bila masih masuk kategori warga kurang mampu," ungkap Ferdinan kepada Telisik.id, Rabu, (20/01/2021).

Ia menambahkan, sebelumnya Pemkab Konawe telah membagikan kartu KSK untuk warga yang tidak masuk dalam program pemerintah pusat melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Ferdi mengakui program KSK ini tidak dimasukkan dalam anggaran APBD 2021, namun akan memasukkan di APBD perubahan jika validasi Kemensos telah diterima. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga