Kasat Pol PP Kota Kendari Pastikan Lapak di Area MTQ Bersih dalam Seminggu

Nur Fauzia, telisik indonesia
Rabu, 22 Mei 2024
0 dilihat
Kasat Pol PP Kota Kendari Pastikan Lapak di Area MTQ Bersih dalam Seminggu
Ketua Satuan Pol PP Kota Kendari bersama Camat Kadia. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari baru saja melakukan pembongkaran lapak-lapak di kawasan MTQ untuk mengembalikan fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari baru saja melakukan pembongkaran lapak-lapak di kawasan MTQ untuk mengembalikan fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH), Rabu (22/5/2024).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kendari, Sulkurniah menyampaikan, pembongkaran hari ini merupakan rangkaian dari sosialisasi yang dilanjutkan dengan surat teguran, sampai penyegelan tempat tersebut.

Kata dia, penertiban ini dilakukan bukan untuk menggusur tetapi untuk mengembalikan fungsi tata ruang kawasan ruang terbuka publik dan ruang terbuka hijau.

Sulkurniah menambahkan, untuk jangka waktu pembersihan nanti akan melapor ke ketua Satgas yaitu Asisten I terlebih dahulu. Namun dapat dipastikan bahwa tempat ini akan bersih dalam jangka waktu kurang lebih satu minggu.

Baca Juga: 501 Calon Jemaah Haji Kota Kendari Resmi Dilepas, Berikut Jadwalnya

"Nanti pimpinan yang akan atur nanti apakah itu nanti dikerja baktikan atau bagaimana, yang jelas ini tidak akan lama karena ini mau ditata kembali. Jadi kita harapkan nanti PKL bisa paham dan memang tempat berdagang bukan di ruang terbuka hijau, tapi tempat dagang itu di pasar," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Sulkurniah, untuk rute pembongkaran selanjutnya masih menunggu perintah dari pimpinan, namun satuan Pol PP selaku penegak Perda akan terus melakukan tugasnya untuk menertibkan kawasan-kawasan yang dilarang untuk berjualan.

Selain itu, ia menjelaskan, untuk lapak-lapak pinggir jalan pada akhirnya akan secara bertahap ditertibkan, kalau untuk tempat bongkar pasang sebaiknya ada waktunya yaitu dibatas jam 22.00-23.00 Wita, karena pemerintah tidak boleh melarang orang berjualan namun ada aturannya.

Pembongkaran hari ini dilakukan di dua sisi MTQ untuk kawasan Selatan dipimpin oleh Kasat Pol PP, sedangkan di kawasan utara dipimpin oleh Asisten I.

Baca Juga: Petani Cabai di Kendari Gagal Panen Akibat Hujan Berkepanjangan

Menjawab bantahan para pedagang yang mengatakan bahwa lapak mereka tidak akan dilakukan pembongkaran oleh excavator namun dibongkar sendiri berdasarkan kesepakatan Asisten I,

Pembongkaran yang bakal dilakukan ini, kata Sulkurniah, sudah tidak ada lagi diskusi karena sudah ada peringatan kesekian kalinya agar dilakukan pembongkaran mandiri, namun tidak juga diindahkan.

"Sudah sekian lama kita sosialisasikan untuk dibongkar secara mandiri. Kita berikan waktu untuk mereka dan memang kalau yang sementara kerja kita tidak bongkar dan itu yang dibongkar menggunakan excavator yang tidak ada orangnya, tadi ada yang kita rubuhkan tapi dia minta masih mau gunakan atapnya kita bongkar secara baik-baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembongkaran hari ini dilakukan oleh sebanyak 824 orang yang terdiri dari TNI Polri, BPBD, DLHK, Damkar, Camat, Lurah, dan Sat Pol PP. Sementara untuk jumlah Satpol PP sebanyak 275 orang. (C-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga