KBRI Muscat Fasilitasi Pemulangan 180 WNI dari Oman

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 07 Juli 2020
0 dilihat
KBRI Muscat Fasilitasi Pemulangan 180 WNI dari Oman
Kepulangan para WNI dari Oman diantar hingga ke bandara internasional Muscat oleh Duta Besar Indonesia untuk Kesultanan Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif. Foto: dok KBRI Muscat

" KBRI Muscat akan terus memantau perkembangan para WNI yang berada di Oman dan memberikan pelindungan. "

MUSCAT, TELISIK.ID - Hingga pertengahan tahun 2020, masih banyak WNI yang tertunda kepulangannya ke Indonesia disebabkan kebijakan penanggulangan pandemi negara-negara dengan menghentikan sementara penerbangan internasional.

Dalam keadaan tersebut, peran Perwakillan Indonesia sangat dibutuhkan untuk memfasilitasi penerbangan repatriasi mandiri. KBRI Muscat telah berhasil membantu kepulangan 180 WNI dan 1 WNA pemegang KITAS di Oman pada Senin (6/7/2020).

Kepulangan para WNI tersebut diantar hingga ke bandara internasional Muscat oleh Duta Besar Indonesia untuk Kesultanan Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif.

Baca juga: Tepi Barat Dicaplok, Hidayat Serukan Presiden Jokowi Pimpin Gerakan Boikot Produk Israel

Musthofa, seperti dikutip Telisik.id dari laman resmi Kemenlu RI mengungkapkan, para WNI dan seorang WNA tersebut kembali ke Indonesia menggunakan pesawat Garuda Indonesia A-330 300 yang bertolak dari Muscat pukul 01.30 waktu setempat menuju Jakarta.

Dijelaskan, para WNI tersebut terdiri dari berbagai latar belakang, ada yang merupakan Pekerja Migran Informal yang mengalami pemutusan kontrak kerja maupun unpaid leave, WNI yang tertunda kepulangannya hingga WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal.

“KBRI Muscat akan terus memantau perkembangan para WNI yang berada di Oman dan memberikan pelindungan,” ujarnya.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga