Kebersihan TPI Diributkan, Pengelola Minta Tempat Sampah Portable

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 16 Maret 2021
0 dilihat
Kebersihan TPI Diributkan, Pengelola Minta Tempat Sampah Portable
Matrah (berpakaian dinas) tengah memperhatikan petugas yang sedang membersihkan. Foto: Musdar/Telisik

" Selama ini kita langsung ke bak sampah di luar TPI. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebersihan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodohoa Kota Kendari masih menjadi perhatian.

Setelah diributkan oleh Komisi II DPRD Kota Kendari hingga berlanjut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kepala UPTD dan Kepala Dinas Perikanan, kebersihan di wilayah itu mulai diseriusi.

Kepala UPTD TPI Sodohoa, Matrah meminta Pemerintah Kota mau membantu pengadaan tempat sampah portable.

"Kalau bisa ada satu atau dua tempat sampah portable yang disediakan," harap Matrah, Selasa (16/3/2021).

Dengan adanya tempat sampah portable dinilai dapat menjadi tempat pembuangan sampah sementara, sebelum dibawa ke bak sampah.

"Selama ini kita langsung ke bak sampah di luar TPI," sambung Matrah.

Saat ini, pengelolaan sampah di wilayah itu, dikerjakan oleh 13 petugas dari UPTD untuk membersihkan dari dalam TPI hingga di selokan luar pagar.

Baca juga: Fraksi PDIP Sarankan Pemkot Pakai Strategi Perang Tangani Anjal

"Dari 21 pegawai, 13 yang bertugas dan semuanya laki-laki. Mereka bekerja selesai aktivitas penjualan sampai paling lama jam 13.00 Wita," ungkap pria berpostur tegak ini.

Mereka, lanjut Matrah, bekerja dengan motor sampah yang merupakan bantuan Kementerian dan Dinas Perikanan. Sayang, kondisinya sudah sangat memperihatinkan.

"Cuma sudah banyak yang rusak, sekarang tinggal satu, itu pun mesin yang dilas-las. Sebenarnya ini sudah tidak layak," ungkapnya.

Senada, Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail sebelumnya mengatakan, wilayah kerja petugas kebersihan di TPI sampai pada area dermaga. Namun, untuk kebersihan di area itu membutuhkan alat.

"Itu membutuhkan alat memang untuk dibersihkan," ungkap Imran.

Berdasarkan pantauan Telisik.id saat aktivitas penjualan di TPI masih berlangsung, sampah banyak berserakan dimana-mana. Kondisi tersebut menggambarkan, pedagang belum sepenuhnya menyadari pentingnya kebersihan.

Menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan yang baru berjalan sekitar 2 bulan, Imran berjanji akan fokus membenahi TPI termasuk masalah kebersihan. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga