Kegiatan Padat Karya UPP Reo Bantu Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 07 Mei 2021
0 dilihat
Kegiatan Padat Karya UPP Reo Bantu Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi
Kepala Kantor UPP Reo, Capt. Desmon S. Menno, MM, M.Mar saat memberikan alat kerja. Foto: Berto Davids/Telisik

" Kami berharap kegiatan ini dapat memberi kontribusi langsung dan manfaat kepada masyarakat sekitar UPP Reo khususnya manfaat ekonomi di masa pandemi. "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Syahbandar Reo Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT mengggelar kegiatan padat karya pada Jumat (7/5/2021).

Kegiatan ini merupakan program Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam membantu perekonomian masyarakat terutama di masa pandemi.

Seperti dipantau Telisik.id, kegiatan tersebut pun melibatkan masyarakat sekitar, yakni masyarakat Kelurahan Baru.

Jenis pekerjaan yang dilakukan dalam kegiatan padat karya itu, yakni pembersihan gudang agar nanti bisa diperbaiki dan direhab kembali. Selain itu juga ada pembersihan sekitar area pelabuhan Reo.

Kepala Kantor UPP Reo, Capt. Desmon S. Menno, MM, M.Mar kepada Telisik.id mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar kegiatan padat karya ini selama dua hari.

Baca juga: Larangan Mudik, Pemda Buteng Perketat Jalur Masuk

Tujuan dari kegiatan ini, kata Desmon, untuk membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19 terutama dari segi ekonomi.

Selain itu, juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberi kontribusi langsung dan manfaat kepada masyarakat sekitar UPP Reo khususnya manfaat ekonomi di masa pandemi," kata Desmon.

Desmon menambahkan, masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan ini akan mendapat upah yang bersumber anggaran 2021.

"Kalau kegiatannya selesai kami akan kasih mereka upah. Semoga upah itu bisa membantu ekonomi keluarga mereka. Nanti kalau bulan September digelar lagi kami akan panggil mereka lagi," ujarnya.

Baca juga: Mesin Finger Rusak, 113 Guru di Buton Tengah Tak Terima TPP

Hal senada disampaikan Petugas Pengelola Kepegawaian Kantor UPP Reo, Martinus Jani.

Ia mengatakan bahwa kegiatan padat karya ini merupakan sebuah program besar Presiden Jokowi melalui arahan Menteri Perhubungan untuk membantu masyarakat pada sektor perekonomian sebagai upaya dalam memulihkan ekonomi.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu sisi ekonomi masyarakat khususnya terkait daya beli dan konsumsi," kata Martinus.

Sementara itu Lurah Baru, Yosep Sudarso yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UPP Reo yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan melibatkan masyarakatnya.

"Terima kasih untuk UPP Reo. Masyarakat saya merasa terbantu dengan program ini. Semoga kegiatan padat karya dapat sedikit membantu ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19," ungkap Yosep.

Untuk diketahui kegiatan tersebut diawali dengan epel pembuka yang ditandai dengan pemberian alat kerja kepada masyarakat. (A)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga