Keciprat Dana Inpres, Ini Ruas Jalan Akan Diperbaiki di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Keciprat Dana Inpres, Ini Ruas Jalan Akan Diperbaiki di Muna Barat
Pemkab Muna Barat akan segera memperbaiki jalan di berbagai titik khususnya di wilayah Kusambi dan Tiworo. Foto: Ist.

" Dana Inpres yang diturunkan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, tak disia-siakan Pemkab Muna Barat. Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki jalan di beberapa titik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Infrastruktur jalan masih dikeluhkan masyarakat Muna Barat, khususnya di Kusambi dan Tiworo. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muna Barat akan segera memperbaiki beberapa ruas jalan melalui dana instruksi presiden sebesar Rp 43 miliar.

Dana Inpres yang diturunkan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, tak disia-siakan Pemkab Muna Barat. Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki jalan di beberapa titik.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dari dana senilai Rp 43 miliar itu akan digunakan untuk menggarap sejumlah ruas jalan yang diperkirakan sekitar 14 kilometer.

Beberapa titik jalan yang akan diperbaiki adalah Jalan Poros Desa Abadi Jaya hingga Sangia Tiworo menggunakan anggaran sebesar Rp 21 miliar, Kecamatan Tiworo Selatan, serta di jalan poros Desa Masara ke Kombikuno, Kecamatan Napano Kusambi menggunakan anggaran sebesar Rp 22 miliar.

"Anggarannya sudah ada, rencananya akan segera dilakukan perbaikan jalan dan diperkirakan tahun 2023 ini tuntas," ungkap Bahri, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Peningkatan Jalan, Muna Keciprat Dana Inpres Rp 29 Miliar

Namun dalam proses pengerjaannya, saat ini Pemda Muna Barat masih menunggu proses lelang. Selain dana Inpres, Pemda Muna Barat juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk perbaikan jalan penghubung antara Kecamatan Tiworo Tengah dan Tiworo Selatan tepatnya di SP1 Desa Mekar Jaya hingga pertigaan Desa Abadi Jaya.

Setelah perencanaan perbaikan jalan di beberapa titik tersebut, ia juga akan menyasar jalan di berbagai tempat pada tahun 2024 mendatang, salah satunya di jalan Poros Desa Lakanaha, Kecamatan Wadaga.

"Tahun depan saya fokus ke jalan Desa Lakanaha, serta dari tugu sarung sampai Desa Lailangga, sehingga tidak ada lagi jalan rusak," tukasnya.

Baca Juga: Sisa DAK Capai Rp 4 Miliar jadi Prioritas Perbaikan Jalan Konawe hingga Sidamangura Muna Barat

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muna Barat, Unding mengatakan, program pembenahan jalan rusak itu memang dari dana Inpres, namun sampai saat ini masih menunggu proses lelang yang sementara berjalan dari pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara.

Setelah proses lelang selesai, maka pihaknya akan segera melakukan perbaikan jalan di wilayah yang telah ditentukan, sehingga perbaikan jalan itu ditargetkan selesai tahun 2023 ini.

"Panjang 14 kilometer terdiri dari 7 kilo di wilayah Desa Mekar Jaya ke Sangia Tiworo, serta 7 kilometer di wilayah Napano Kusambi," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga