Keluhan Pedagang di Pasar Lapulu Kendari Harap Bisa Jualan Tanpa Khawatir Cuaca

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 28 April 2024
0 dilihat
Keluhan Pedagang di Pasar Lapulu Kendari Harap Bisa Jualan Tanpa Khawatir Cuaca
Kepanikan pedagang saat hujan deras mengguyur Pasar Minggu Lapulu, Kota Kendari. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Hujan deras yang menerpah sebagian besar wilayah Kota Kendari pada Minggu (28/4/2024) pagi, membuat pedagang dan di Pasar Kaget Mingguan Lapulu, Kecamatan Abeli, kocar-kacir untuk menyelamatkan dagangan mereka agar tidak terkena terpaan hujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hujan deras yang menerpah sebagian besar wilayah Kota Kendari pada Minggu (28/4/2024) pagi, membuat pedagang dan di Pasar Kaget Mingguan Lapulu, Kecamatan Abeli, kocar-kacir untuk menyelamatkan dagangan mereka agar tidak terkena terpaan hujan.

Berdasarkan pantauan tim Telisik.id, dagangan pedagang di Pasar Kaget Lapulu tidak dilindungi oleh atap maupun bangunan layaknya pasar pada umumnya. Mereka hanya mengandalkan terpal sebagai tenda yang didirikan secara mandiri oleh para pedagang.

Terlihat juga ada pedagang yang sempat adu mulut dengan pedagang lainnya karena tidak sengaja membuat air yang terkumpul di atas tenda tumpah ke pedagang yang ada disebelahnya, sehingga membuat tubuh dan dagangannya menjadi basah kuyup.

Baca Juga: DLH Kendari Tata Ulang RTH Meohai Agar Tak Kumuh dan Membahayakan

“Bu jangan kita arahkan ke sini (airnya), liat ini sudah basah semua,” kata salah seorang pedagang dengan nada kesal, Minggu (28/4/2024).

Pedagang kue kering, Itha mengaku dari kejadian tersebut mengalami kerugian. Ia pun berharap agar ada perhatian dari pihak pengelola pasar sehingga lokasi tempatnya berjualan bisa segera dibuatkan bangunan bagi para pedagang sehingga tidak terkena hujan dan terhindar dari teriknya matahari.

“Apalagi kita ini satu-satunya pasar harian di Kendari, ramai juga yang suka datang beli bahkan sampai dari Konsel. Maunya juga sebenarnya kalau kita dibikinkan bangunan yang seperti itu, biar dari kayu, satu bangunan ji tidak ada dindingnya yang penting ada atapnya, supaya kita tidak kenak juga panas dan hujan,” harapnya, Minggu (28/4/2024).

Salah satu pembeli yang sedang berteduh, Arni mengatakan, dirinya sedang mencari pakaian bekas wanita, namun ia harus mengurungkan niatnya sebab sebagian pedagang pakaian bekas sudah membungkus dan tidak lagi menjajakan dagangannya agar terlindungi dari air hujan.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Murah KFC Jetliner April-Mei 2024 Rute Kendari-Raha-Wanci

Staf Pengelola Pasar Lapulu, Burhan menjelaskan, pihaknya tidak bisa membangun bangunan di lokasi pedagang seperti yang diharapkan.

Sebab area yang menjadi lokasi Pasar Kaget Lapulu itu bukan berada di bawah wewenang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kota Kendari, melainkan aset dari Dinas Perhubungan Kota Kendari.

“Kita ingin juga bangunkan sampai di sini, tapi ini bukan wewenangnya Perumda, tapi asetnya dinas perhubungan,” terangnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga