adplus-dvertising

Kembali Dibuka, Intip Persyaratan Beasiswa LPDP 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
217 dilihat
Kembali Dibuka, Intip Persyaratan Beasiswa LPDP 2023
Suasana lobi kantor LPDP yang baru di Gedung Danadyaksa Cikini. Foto: Repro Medcom.id

" Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap I dibuka mulai hari ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bagi scholarship hunters yang ingin mendapatkan beasiswa dalam dan luar negeri, kini LPDP sedang membuka pendaftaran.

Mengutip Cnnindonesia.com, pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap I dibuka mulai hari ini. Periode pendaftaran berlangsung selama sebulan atau berakhir pada 25 Februari 2023. Setelah itu, pemerintah akan membuka pendaftaran tahap II pada 9 Juni sampai 9 Juli 2023.

Berbeda dengan LPDP 2022, pembukaan pendaftaran beasiswa negara ini dibuka lebih cepat. Tahun lalu, pendaftaran baru dibuka di Februari.


Di beasiswa LPDP 2023, setidaknya terdapat tiga program atau jalur pendaftaran beasiswa yang dapat dipilih. Tiga program beasiswa LPDP 2023 itu terdiri dari program Umum, program Targeted (khusus untuk profesi tertentu), dan program Afirmas seperti dikutip dari Kompas.com.

Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran beasiswa LPDP 2023 juga dilaksanakan secara daring via situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Bila berminat, sebaiknya simak dulu syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 di bawah ini.

Syarat umum:

- Warga Negara Indonesia

- Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

- Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut: memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan, dan memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

Baca Juga: Intip Beasiswa Penuh S1 Hingga S3 di Turki

- Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:

- Hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

- Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit.

- Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

- Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

- Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari perguruan tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.

- Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.

- Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.

Baca Juga: Deretan Beasiswa S1 hingga S3 Dalam Negeri 2023

- Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.

- Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

- Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

- Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholsha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga