Kembali Gelar O2SN, Dikbud Sulawesi Tenggara Target Medali Emas Semua Cabang di Tingkat Nasional

Nur Fauzia, telisik indonesia
Jumat, 14 Juni 2024
0 dilihat
Kembali Gelar O2SN, Dikbud Sulawesi Tenggara Target Medali Emas Semua Cabang di Tingkat Nasional
Siswa siswi perwakilan kabupaten/kota dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara kembali menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diikuti oleh perwakilan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara kembali menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diikuti oleh perwakilan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Dikbud Sulawesi Tenggara, Nurhaerani Haeba kepada Telisik.id menyampaikan bahwa kegiatan O2SN ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Nurhaerani menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara luring dimana tingkat seleksinya secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai ke tingkat kabupaten/kota, yang terbaik di tingkat kabupaten/kota akan diikutsertakan dalam O2SN tingkat provinsi dan pemenang di tingkat provinsi akan mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional.

Kata dia, kegiatan ini merupakan bagian yang integral dalam membangun generasi emas Indonesia, hal ini menandai semangat merdeka belajar pasca pandemi sehingga kegiatan ini mendapat antusias dari para siswa.

Nurhaerani menuturkan bahwa O2SN kali ini menghadirkan 5 cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat.

Baca Juga: Mahasiswi IAIN Kendari Raih Medali Perak Ajang Olimpiade Bahasa Indonesia

"Mudah-mudahan kita berdoa bersama ada tambahan medali lagi di tingkat nasional karena kebetulan tahun lalu kita berhasil membawa dua medali emas di cabang karate dan cabang pencak silat ke daerah dan tidak hanya itu, tahun lalu siswa kita sampai ke tingkat internasional yaitu cabang karate di Portugal atas nama Razak itu dari SMA 4 Kendari," ujarnya, Jumat (14/6/2024).

Ditanya terkait apakah ada beasiswa bagi para atlet yang berhasil mengharumkan nama provinsi, Nurhaerani menjawab bahwa Dikbud hanya mencari prestasi di tingkat pelajar, selanjutnya juara lomba di tingkat nasional biasanya langsung direkrut oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) untuk dibina lebih lanjut.

Adapun tujuan kegiatan ini, Nurhaerani menuturkan yaitu untuk mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat provinsi, nasional maupun internasional, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab serta budaya hidup sehat dan gemar olahraga.

Selain itu, tambah Nurhaerani, kegiatan ini juga dapat menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air dan menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik.

Nurhaerani berharap, agar tidak cuma satu atau dua cabang olahraga saja yang membawa pulang medali emas di pertandingan nasional nanti, namun seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan, Provinsi Sulawesi Tenggara dapat membawa pulang medali emas.

Baca Juga: Mahasiswi di Kendari Berhasil Juara Olimpiade Akuntansi Nasional

Ainun Sabila siswi SMA Negeri 2 Baubau perwakilan Kota Baubau dalam cabang olahraga bulutangkis menjelaskan, persiapannya untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi ia kerap berlatih teknik-teknik dasar dan bahkan teknik yang menurutnya sulit.

"Sejauh ini saya melihat kompetitor dari kabupaten lain saya tetap yakin saya berhasil. Harapan saya kedepannya saya dapat mendapatkan prestasi yang lebih banyak lagi baik dari bulutangkis maupun dari bidang yang lain," ucapnya dengan penuh percaya diri.

Untuk diketahui O2SN diselenggarakan selama empat hari yaitu dari tanggal 13-16 Juni 2024. Atlet yang memperoleh juara I berhak mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada ajang O2SN Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 17 Agustus 2024 mendatang. (B)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga