Kemenag Ungkap Kelalaian yang Sering Dilakukan Jemaah Ketika Haji dan Umrah, Bisa Rusak Ibadah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
Kemenag Ungkap Kelalaian yang Sering Dilakukan Jemaah Ketika Haji dan Umrah, Bisa Rusak Ibadah
Calon jemaah haji PT RPM Tour and Travel yang akan berangkatkan pada Mei 2023 mendatang. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Banyaknya jasa travel haji dan umrah dengan biaya yang murah serta iming-iming yang menggiurkan, Kementerian Agama Kota Kendari melalui PT RPM Tour and Travel Kendari memberikan pengetahuan pada calon jemaah untuk menghindari penipuan yang marak terjadi "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyaknya jasa travel haji dan umrah dengan biaya yang murah serta iming-iming yang menggiurkan, Kementerian Agama Kota Kendari melalui PT RPM Tour and Travel Kendari memberikan pengetahuan pada calon jemaah untuk menghindari penipuan yang marak terjadi.

Puluhan jemaah umrah yang akan berangkat pada 4 Mei mendatang dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar haji dan umrah. Selain dipaparkan mengenai penipuan travel juga dibekali dengan persiapan dan pemahaman yang mesti dilakukan calon jemaah sebelum dan saat berangkat ke tanah suci.

Kepala Kementerian Agama Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya menuturkan, niat terpenting saat melaksanakan haji dan umrah yaitu perlu mempersiapkan diri dan niat hati yang ikhlas, karena haji dan umrah adalah sebagai bagian dari perintah Allah SWT.

Baca Juga: Masa Jabatan Segera Berakhir, 3 Pj Bupati di Sulawesi Tenggara Ini Belum Lapor LHKPN

Ia juga mengapresiasi tour dan travel yang ada di Kota Kendari, karena hingga saat ini sama sekali tak ada satupun calon jemaah yang tak pernah berangkat.

"Saya sangat mengapresiasi di Kota Kendari khususnya sudah banyak tour dan travel yang berkembang, sekitar 40-an yang telah berizin di bawah Kemenag," ucapnya.

Ia juga menuturkan untuk jangan sembarang memilih tour dan travel haji dan umrah, harus dengan 5 hal di antaranya, memastikan travel tour dan travelnya berizin Kemenag, pastikan tiket pesawat dan jadwal penerbangan, pastikan harga dan paket layanannya, pastikan akomodasi (Hotel) selama berada di Arab Saudi, dan pastikan visanya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Sunardin saat membawakan materi menyebutkan beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan oleh calon jemaah, di antaranya, adab haji dan umrah, seperti niat yang ikhlas, perbanyak tobat, keluar dari kezaliman, menyelsaikan hutang dan mengembalikan barang titipan, menulis wasiat, menyiapkan nafkah bagi keluarga yang di tinggalkan, membawa bekal yang cukup dari rizki yang halal.

Ia juga menuturkan jika banyak calon jemaah haji dan umrah yang seringkali lalai ketika berada di tanah suci seperti sering melakukan selfie, video update status dan sebagainya. Ia menyarankan pada jamaah untuk benar-benar fokus beribadah ketika berada di tanah suci.

Ia juga menyinggung kebiasaan masyarakat yang sering melakukan selfie bahkan ketika berada di depan Kabah, ia menilai jika cara tersebut bisa merusak ibadah haji ataupun umrah yang sedang kita jalankan.

Selain itu, ia juga memberikan manfaat dan hikmah haji dan umrah seperti melebur dosa dan kembali ke fitrah, mensyukuri nikmat harta dan kesehatan, semakin tunduk pada perintah Allah SWT, tawakkal/pasrah diri, dan ukhuwah islamiyah.

Baca Juga: Angka Stunting di Sulawesi Tenggara Turun 2,4 Persen, BKKBN: Kerja Kita Semua

Direktur Utama PT RPM Tour and Travel Kendari, Sucipto mengungkapkan tahun ini ada tiga grup yang di berangkatkan. Pertama pada 17 April 2023, 24 April 2023 dan terakhir 4 Mei 2023 sebelum dibukanya haji.

"Setelah ini, program umrah tutup dan akan dibuka kembali pada Agustus 2023 mendatang," ungkapnya.

Salah seorang peserta umrah, Hatta mengaku telah lama menginginkan berangkat ke tanah suci setelah mengumpulkan penghasilannya untuk beribadah di tanah suci. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga