KFC Jetliner Tak Lagi Layani Rute Raha dan Baubau

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
KFC Jetliner Tak Lagi Layani Rute Raha dan Baubau
KFC Jetliner yang sebelumnya melayani rute Kendari, Raha, Baubau dan Wanci, untuk saat ini tidak lagi melayani rute Raha dan Baubau. Foto: Aksaraintimes.id

" Armada kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) KFC Jetliner yang sebelumnya melayani rute Kendari, Raha, Baubau dan Wanci pulang balik, kini tidak lagi melayani untuk rute Raha dan Baubau "

KENDARI, TELISIK.ID - Armada kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) KFC Jetliner yang sebelumnya melayani rute Kendari, Raha, Baubau dan Wanci pulang balik, kini tidak lagi melayani untuk rute Raha dan Baubau.

Perubahan rute KFC Jetliner diputuskan langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait rute Raha dan Baubau menunggu keputusan Kemenhub.

Kepala Cabang PT Pelni Kendari, Yulianto menerangkan, Pelni hanya bertindak sebagai operator yang menjalankan kapal, perihal keputusan rute kapal ditentukan langsung oleh Kemenhub.

Baca Juga: Perkembangan Zaman Bukan Ancaman Namun Tantangan untuk Pemuda

"Itu kebijakan dari Kementerian Perhubungan, kami dari Pelni hanya sebagai operator menjalankan kapal," beber Yulianto baru-baru ini.

Keputusan Kemenhub mengubah rute tidak lepas dari pertimbang surat Pemda Wakatobi Nomor 552.12/190/IX/2022 tertanggal 12 September 2022 perihal dukungan aksebilitas transportasi.

Lantas Kemenhub mengeluarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: KP-DJPL 762 Tahun 2022 tentang Jaringan Trayek Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Bidang Angkutan Laut Penumpang Kelas Ekonomi Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Perikanan Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sulawesi Tenggara

Dalam surat keputusan tersebut menguraikan tentang rute KFC Jetliner yang melewati tiga rute berlayar di perairan Sulawesi Tenggara, antaranya Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Ereke Buton Utara dan Pelabuhan Wanci Wakatobi.

Namun kondisi pelabuhan Ereke yang tidak layak sebagai lokasi berlabuh kapal KFC Jetliner, maka rutenya hanya pelabuhan Kendari dan pelabuhan Wanci saja.

Seperti diberitakan Telisik.id sebelumnya ada banyak kendala jika KFC Jetliner tetap dipaksakan berlabuh di Pelabuhan Ereke Buton. (B)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga