Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sediakan Layanan Berbasis Digital

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Sabtu, 10 Juni 2023
0 dilihat
Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sediakan Layanan Berbasis Digital
Layanan berbasis digital untuk mempermudah akses masyarakat. Masyarakat diberi ruang memberikan masukan dan saran terkait pelayanan di Kemenkumham. Foto: Repro sultra.kemenkumham.go.id

" Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, menyediakan layanan berbasis digital untuk mempermudah akses dan pelayanan terhadap masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, menyediakan layanan berbasis digital untuk mempermudah akses dan pelayanan terhadap masyarakat.

Layanan yang dimaksud, di antaranya Sistem Pelaporan Notaris (Silaris), Sistem Pengharmonisasian Perda (Sipanda), aplikasi Catatan atas Laporan BMN (Cal BMN), Sistem Perencanaan Otomatis (Saparno). Inovasi tersebut diluncurkan pada saat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kemudian inovasi lain pada saat menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di antaranya Pendekatan Humanis Permasyarakatan (Penamas), Pojok Aspirasi, Peduli Stunting Bangsaku Sehat Ekonomi Tumbuh (Pas Banget), aplikasi Pelaporan Notaris (Silaris versi 2), aplikasi Risiko Online (Roneo), dan Pojok Ngobrol Inspirasi (Pojok Ngopi).

"Jadi semua aplikasi itu sudah dijalankan di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara," ungkap Hidayat,  Kadiv Yankumham Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Jumat (9/6/2023).

Lebih lanjut, berikut uraian penjelasan terkait dengan inovasi WBK menuju WBBM.

Baca Juga: Kemenkumham Gelar Gerbang Transisi di Jajaran Kanwil Sulawesi Tenggara

Pertama, pendekatan Humanis Permasyarkatan (Penamas), merupakan program baru untuk mengatasi kerawanan kantib di Lapas dan Rutan.

Kedua, Pojok Aspirasi merupakan program baru untuk menampung aspirasi masyarakat dan meminimalisir dampak negatif dari demonstrasi.

Ketiga, Peduli Stunting Bangsaku Sehat Ekonomi Tumbuh (Pas Banget), merupakan program baru sebagai wujud partisipasi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dalam mengatasi stunting.

Keempat, aplikasi Pelaporan Notaris (Silaris 2) merupakan pengembangan dari Silaris 1 yang sebatas google form menjadi aplikasi web.

Kelima, aplikasi Risiko Online (Roneo) merupakan aplikasi baru untuk melakukan identifikasi dan mitigasi risiko secara online.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ikut Pelaksanaan Evaluasi Zona Integritas

Keenam, Pojok Ngobrol Inspirasi (Pojok Ngopi) merupakan program baru sebagai wadah komunikasi internal pegawai.

Razilu, Direktur Jenderal Kemenkumham RI mengatakan, masyarakat diberi ruang untuk memberikan masukan dan saran terkait pelayanan di Kemenkumham.

"Kita harus hadir di tengah masyarakat, keberadaan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara," Ujar Razilu. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga