Seniman Asal Baubau Buat Mural Anak Bermata Biru

Harjum Ntry, telisik indonesia
Jumat, 27 Agustus 2021
0 dilihat
Seniman Asal Baubau Buat Mural Anak Bermata Biru
Gambar mural anak bermata biru. Foto: Harjum Ntry/Telisik

" Proses pembuatan mural yang bertuliskan Butonese itu memakan waktu 2 hari dan pembuatannya selesai Kamis. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Tumbuhkan kreativitas anak muda, seniman asal Kota Baubau, Dae Buton (31), membuat mural sosok anak bermata biru dari Boneatiro.

Motivasi Dae Buton membuat mural ialah untuk mengenalkan seni mural di kalangan warga, khususnya anak-anak muda. Karena menurutnya masih banyak yang belum tahu dan asing dengan mural.

"Untuk memancing kreativitas, saya bikinlah mural itu. Paling tidak mengaktifkan kesenian di Baubau," jelasnya kepada Telisik.id, Jumat (27/8/2021).

Proses pembuatan mural yang bertuliskan Butonese itu memakan waktu 2 hari dan pembuatannya selesai Kamis kemarin (26/8/2021).

Menurutnya, di Baubau sebenarnya banyak seniman pelukis, hanya saja untuk yang berprofesi sebagai seniman mural dinding itu minim sekali.

Dae Buton berprofesi sebagai muralis di Jakarta. Karena kebetulan berlibur di Baubau jadi ia meluangkan waktu untuk membuat mural.

Baca juga: Lalai, ULP Busel Diduga Rugikan Daerah Ratusan Juta

Baca juga: Pemkab Konawe Bakal Jalin Kerjasama dengan UHO di Sektor Pendidikan

"Dalam profesi saya sebagai muralis saya mengangkat tema budaya di Indonesia. Target saya di setiap tempat dimana saya pijak saya selalu angkat budaya di tempat tersebut," tuturnya.

Menilik jejak prestasinya, pada tahun 2020 lalu, Dae Buton merupakan salah satu pemenang dari ajang Super Art Fest kategori Street Art dan 2017 lalu, Dae Buton terpilih sebagai pembuat mural keberagaman di Taman Pandang Istana di Jakarta.

Harapannya, seniman lebih diperhatikan di Baubau ini.

"Kota Baubau juga cocok sebagai kota kreatif seperti di Jogja, Bali, Bandung. Karena Baubau punya sejarah panjang terutama sejarah budayanya. Harapan ke depannya ada wadah ruang publik untuk berkreativitas untuk tempat melahirkan ide-ide kreatif," imbuhnya.

Sebelumnya, mural yang berada dekat makam Sultan Murhum itu, awalnya akan digantikan dengan gambar Oputa Yi Koo yang baru. Namun pada akhirnya ia memilih anak bermata biru dari Boneatiro karena keunikannya.

Ia berpesan kepada seniman-seniman di Kota Baubau untuk tidak berhenti berkarya. Tetap semangat walau dalam kondisi sulit. (C)

Reporter : Harjum Ntry

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga