Kenali Efek Samping Antibiotik, Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Kenali Efek Samping Antibiotik, Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal
Antibiotik biasanya digunakan untuk melawan infeksi akibat bakteri pada tubuh manusia maupun hewan. Namun, tak selamanya antibiotik aman bagi tubuh. Foto: Hellosehat.com

" Antibiotik adalah golongan senyawa antimikroba yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri "

KENDARI, TELISIK.ID - Antibiotik adalah golongan senyawa antimikroba yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.

Antibiotik biasanya digunakan untuk melawan infeksi akibat bakteri pada tubuh manusia maupun hewan. Namun, tak selamanya antibiotik aman bagi tubuh.

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan oleh antibiotik di antaranya:

1. Masalah pencernaan

Dikutip daeo Kompas.com, efek samping obat diabetik bisa terkait dengan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, kembung, kehilangan selera makan, atau kram perut. Sebagian besar masalah pencernaan efek samping obat ini hilang setelah Anda menyelesaikan pengobatan.

Baca Juga: Benarkah Kantong Teh Bekas Bermanfaat Bagi Mata? Simak Penjelasannya

Namun jika sampai menyebabkan diare berdarah, sakit perut parah, atau muntah terus-menerus, Anda perlu, Anda harus segera berhenti minum obat itu dan beritahu dokter kondisi Anda.

2. Reaksi alergi

Melansir Alodokter.com, reaksi alergi antibiotik terbilang jarang terjadi. Namun, ketika muncul, reaksi alergi antibiotik biasanya berat dan berbahaya. Sebagian orang yang merasakan reaksi alergi antibiotik dapat mengalami komplikasi berat berupa syok anafilaktik dan sindrom Stevens-Johnson.

3. Infeksi jamur

Penggunaan antibiotik dapat mengurangi jumlah bakteri baik di dalam tubuh. Ketika jumlah bakteri baik tersebut berkurang, maka jamur akan mudah tumbuh. Penyakit infeksi jamur ini biasanya muncul berupa sariawan di mulut, yang disebut kandidiasis oral.

Pada wanita, efek samping antibiotik bisa berupa infeksi jamur vagina yang menimbulkan keluhan gatal dan perih pada vagina, nyeri saat berhubungan intim, anyang-anyangan, hingga keputihan dengan bau tidak sedap

Baca Juga: Makanan Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

4. Munculnya noda

Efek samping obat antibiotik juga termasuk munculnya noda pada kulit, kuku, gigi, dan tulang. Efek samping tersebut biasa terjadi dari penggunaan jenis antibiotik tetrasiklin. Efek noda pada gigi orang dewasa tidak dapat dipulihkan karena gigi mereka tidak tumbuh kembali. Sementara, efek pada tulang bisa hilang karena tulang beregenerasi secara terus-menerus

5. Penyakit ginjal

Banyak menggunakan obat antibiotik dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan ginjal Anda. Ginjal bekerja membersihkan darah dari limbah yang tidak terpakai lagi oleh tubuh, termasuk antibiotik.

Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, obat ini dapat menumpuk dan menyebabkan kerusakan ginjal lebih lanjut. Efek samping ini sering terjadi pada penderita penyakit ginjal. Oleh karena itu, dokter selalu memeriksa fungsi ginjal Anda dengan tes darah sebelum meresepkan antibiotik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga