Makanan Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Makanan Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda
Ternyata tak selalu harus menggunakan skincare jika ingin tampil glowing. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan dan nutrisi yang cukup. Foto: Fimela.com

" Beberapa makanan dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan pada tubuh manusia. Tak sedikit makanan memiliki kandungan yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa makanan dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan pada tubuh manusia. Tak sedikit makanan memiliki kandungan yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Untuk kulit sehat yang diindikasikan dengan kulit yang lembap, tidak kusam, glowing, dan juga kencang biasanya kita rawat dengan penggunaan skincare dan juga bodycare sesuai kebutuhan. Ternyata sak selalu harus menggunakan skincare jika ingin tampil glowing.

Berikut deretan makanan yang baik untuk kesehatan kulit, di antaranya:

1. Paprika

Mengutip Kompas.com, paprika merupakan salah satu makanan sumber vitamin C terbaik, dengan 95mg vitamin C per 65gram beratnya. Vitamin C memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan kulit.

Baca Juga: Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Lebih tepatnya, vitamin C dapat mencegah dan memulihkan kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta memulihkan luka pada kulit. Selain itu, vitamin C dalam paprika juga dapat membantu melawan radikal bebas, yang membantu membuat kulit glowing dan mencegah penuaan dini

2. Semangka

Semua sel tubuh memerlukan air untuk berfungsi dengan baik dan opimal. Karena itulah, makanan yang tinggi akan kandungan air penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian. Misalnya saja, 250gram semangka potong yang setara dengan satu cangkir penuh air dan dapat membuat kulit tetap terhidrasi serta sehat.

Namun, sebenarnya itu bukan satu-satunya manfaat dari buah lezat ini lho. Semangka sebenarnya mengandung beta karoten dan vitamin C yang membuatnya dapat melawan peradangan serta radikal bebas.

3. Flaxseed

Dilansir dari Fimela.com, flaxseed adalah sejenis biji-bijian yang biasa dikenal dengan biji rami. Flaxseed mengandung alpha-linolenic acid yaitu sejenis omega-3 yang berguna mengurangi efek jahat dari radiasi sinar UV, asap, dan juga polusi.

Minyak yang diperoleh dari flaxseed atau disebut dengan flaxseed oil dapat mengurangi kerutan pada kulit, mengatasi masalah kulit kering, dan juga melembutkan kulit.

4. Kiwi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kiwi mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang jeruk. Vitamin C di dalamnya sangat berguna untuk kulit karena terdapat antioksidan yang menangkal radikal bebas pada sel-sel kulit.

Baca Juga: Tanam Bulu Mata Rupanya Bisa Iritasi

Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, membantu produksi kolagen, dan membuatnya lembap terhidrasi. Makan kiwi yang sudah benar-benar matang dimana antioksidan yang terkandung paling tinggi.

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin C dan E yang mengandung banyak antioksidan. Ditambah lagi terdapat lutein dan zeaxanthin yang pada penelitian akhir-akhir ini membuktikan dapat mencerahkan skin tone. Selain itu alpukat juga kaya akan asam lemak tak jenuh atau monounsaturated fat yang berguna membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga