Kenali Tanda Gangguan Kepribadian Narsistik, Anda Termasuk?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Kenali Tanda Gangguan Kepribadian Narsistik, Anda Termasuk?
Narsistik adalah kondisi gangguan kepribadian dimana seseorang akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Foto: Repro Klikdokter.com

" Pada beberapa kasus, orang dengan gangguan kepribadian narsistik diketahui selalu membanggakan pencapaiannya, padahal itu adalah hal yang biasa saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernah mendengar istilah narsistik? Narsistik adalah kondisi gangguan kepribadian dimana seseorang akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Pengidap gangguan ini hampir selalu merasa dirinya lebih baik dibandingkan orang lain.

Pada beberapa kasus, orang dengan gangguan kepribadian narsistik diketahui selalu membanggakan pencapaiannya, padahal itu adalah hal yang biasa saja. Mengutip Halodoc.com, pengidap narsistik juga biasanya memiliki tingkat empati yang rendah kepada orang lain, dan menganggap dirinya memiliki kepentingan yang lebih tinggi dari orang lain.

Pengidap gangguan kepribadian narsistik memiliki perasaan yang mudah tersinggung dan bisa dengan mudah merasakan depresi ketika mereka dikritik oleh orang lain, meskipun mereka memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Dilansir dari Kompas.com, gangguan kepribadian narsistik sering dimulai pada remaja atau awal masa dewasa. Beberapa anak mungkin menunjukkan ciri-ciri narsisme, tetapi ini sering kali sesuai dengan usia mereka dan tidak berarti mereka akan mengembangkan gangguan kepribadian narsistik.

Jika Anda mengenali bahwa kepribadian umum Anda mirip dengan ciri-ciri gangguan kepribadian narsistik, pertimbangkan untuk menghubungi penyedia layanaan kesehatan mental. Anda perlu diagnosis dan pengobatan yang tepat dari profesional kesehatan mental (seperti psikolog atau psikiater) untuk gangguan kepribadian ini.

Baca Juga: Ini Penyebab Pasien Gangguan Jiwa Sudah Sembuh, Kambuh Lagi

Gejala kepribadian narsistik

Berikut ini gejala dari gangguan kepribadian narsistik, yaitu:

Percaya bahwa dirinya lebih baik dari orang lain

Khayalan tentang kekuasaan, kesuksesan, dan daya tarik.

Melebih-lebihkan prestasi atau bakat.

Mengharapkan pujian konstan dan kekaguman.

Percaya bahwa diri sendiri istimewa dan berperilaku sebagai seseorang yang istimewa.

Gagal untuk mengenali emosi dan perasaan orang lain.

Pengobatan kepribadian narsistik

Pengobatan terhadap gangguan kepribadian narsistik bisa dilakukan dengan terapi, seperti mengunjungi psikologis atau terapi di rumah dengan melibatkan anggota keluarga.

Baca Juga: Orang Gangguan Jiwa Resahkan Pegawai dan Pengunjung Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari

Metode terapi yang bisanya digunakan adalah psikoterapi. Psikoterapi bertujuan untuk membangun harga diri dan juga membimbing pengidapnya agar punya harapan yang realistis.

Dengan sikap konsisten dan dukungan orang sekitar, tentu saja gangguan kepribadian ini bisa diatasi asalkan dijalani dengan sikap konsisten.

Pada anak-anak, disarankan agar orang tua jangan berlebihan dalam memberikan pujian. Akan lebih baik jika pujian diberikan sewajarnya saja. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga