Kendaraan Muat Alat Berat Picu Kecelakaan di Konawe

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 08 Juli 2021
0 dilihat
Kendaraan Muat Alat Berat Picu Kecelakaan di Konawe
Personel Sat Lantas Polres Konawe. Foto: Ist

" Kasat Lantas Polres Konawe AKP Sri Endang Fajar Ningsih SH. S.IK mengatakan, operasi terhadap kendaraan yang berpotensi menyebabkan fatalitas di jalan umum, rutin dilakukan "

KONAWE, TELISIK.ID - Kepolisian Resort (Polres) Konawe melalui Sat Lantas Polres Konawe rutin melakukan operasi di wilayah hukum Kabupaten Konawe.

Operasi tersebut guna menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Konawe.

Kasat Lantas Polres Konawe AKP Sri Endang Fajar Ningsih SH. S.IK mengatakan, operasi terhadap kendaraan yang berpotensi menyebabkan fatalitas di jalan umum, rutin dilakukan.

Ia menambahkan, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan yakni kendaraan yang overload dan seringnya kendaraan besar yang memuat alat berat melintas di jalan umum.

"Mesti diperhatikan agar tidak menyebabkan kecelakaan yang fatal. Tak hanya truk yang berukuran besar, alat berat juga rawan sebabkan Laka yang lebih fatal," terangnya

Selain itu, kata Polwan berkerudung ini, untuk kendaraan yang memuat alat berat dan melintasi jalan umum harus dilakukan pengawalan personel kepolisian.

Sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 162 ayat 2.

Dimana kendaraan bermotor umum yang mengangkut alat berat dengan dimensi yang melebihi dimensi yang ditetapkan dalam pasal 19 Undang-undang LLAJ, harus mendapat pengawalan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Baca Juga: Tidak Terima Makam Leluhur Dijadikan Jetty, Massa Tamalaki Seruduk Gedung DPRD Kolut

Baca Juga: Viral, Pria Ini Talak Istrinya Usai Ijab Kabul

Karena dengan ukuran yang besar di jalan, rawan terjadinya kecelakaan terhadap pengendara lain.

"Untuk itu, seperti alat berat yang melintas di jalan umum, harus dilakukan pengawalan oleh personel kepolisian," pungkasnya.

Dalam kurun waktu tahun 2021 saja sedikitnya 62 kasus kecelakaan terjadi di wilayah Polres Konawe. Data tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Sat Lantas Polres Konawe juga telah mengamankan puluhan kendaraan yang memakai knalpot racing dalam tahun 2021 ini.

Sri Endang mengatakan, adanya peningkatan jumlah knalpot bogar dari tahun lalu, mempengaruhi naiknya angka kecelakaan yang didominasi anak remaja.

"Motor knalpot bogar dipakai untuk balap liar," singkatnya. (C)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga