Kepala Dishub Sultra Dievakuasi Usai Pancing Amarah Buruh Pelabuhan

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 27 Januari 2021
0 dilihat
Kepala Dishub Sultra Dievakuasi Usai Pancing Amarah Buruh Pelabuhan
Nampak susana hearing yang tidak kondusif. Foto: Kardin/Telisik

" Ada massa aksi yang datang, mereka meminta supaya dibersihkan semua itu kapal-kapal di pelabuhan Wawonii. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan buruh pelabuhan Ferry Kendari-Wawonii tiba-tiba tak terkendali setelah mendengar pernyataan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sultra, Hado Hasina.

Pada hearing rencana relokasi Pelabuhan Ferry Kendari-Wawonii ke Pelabuhan Kapal Wanci, pernyataan Hado Hasina sontak menyulut amarah buruh setelah mengatakan ada sekelompok massa yang datang padanya untuk meminta membersihkan semua kapal-kapal yang ada di pelabuhan Kendari-Wawonii.

"Ada massa aksi yang datang, mereka meminta supaya dibersihkan semua itu kapal-kapal di pelabuhan Wawonii," cetus Hado Hasina, saat hearing bersama Komisi III DPRD Sultra bersama pihak terkait, Rabu (27/1/2021).

Atas pernyataan itu, sontak para buruh pelabuhan langsung mendatangi Hado Hasina karena tidak terima jika ada kelompok yang mendukung relokasi penyeberangan kapal rakyat tersebut.

Dengan cepat, Hado Hasina dan anggota Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sultra terpaksa diamankan dari forum hearing karena situasi yang tak terkendali.

"Siapa yang bilang begitu," teriak para buruh.

Baca juga: Jufri Rachman, Si Pembuat Plat Kendaraan yang Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

Bahkan, kericuhan pun berlangsung sampai di luar gedung DPRD Sultra, saat para buruh pelabuhan mengejar Hado Hasina saat mengamankan diri.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Sultra, Swandi Andi, sibuk menenangkan para buruh yang sudah naik pitam.

"Saudara-saudara tenang dulu, silakan duduk kembali," teriak Swandi Andi saat pimpin sidang.

Beruntung, keadaan yang sempat menegang itu dapat terkendali setelah beberapa pimpinan buruh mengambil alih pengeras suara.

Akhirnya hearing terkait relokasi operasi kapal penyeberangan Kendari-Wawonii ke Pelabuhan Wanci digelar tanpa dihadiri kembali Kadiahub Sultra, Hado Hasina.

Sebelumnya, KSOP telah mengeluarkan surat edaran pemindahan operasi penyeberangan kapal Ferry Kendari-Wawonii ke Pelabuhan Wanci, namun kebijakan tersebut menuai penolakan dari buruh pelabuhan. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga