Kerjakan Amalan dan Doa Ini di Malam Lailatul Qadar, Ampuan Diterima dan Jauh dari Api Neraka

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Kerjakan Amalan dan Doa Ini di Malam Lailatul Qadar, Ampuan Diterima dan Jauh dari Api Neraka
Salah satu keistimewaan di bulan ramadan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar bahkan satu-satunya malam yang secara khusus dijelaskan dalam satu keseluruhan surat, yaitu surat al-Qadr. Foto: Kumparan

" Salah satu keistimewaan di bulan ramadan adalah adanya malam Lailatul Qadar "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keistimewaan di bulan ramadan adalah adanya malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar bahkan satu-satunya malam yang secara khusus dijelaskan dalam satu keseluruhan surat, yaitu surat al-Qadr.

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 4-5).

Dilansir dari Kompas.com, malam Lailatul Qadar berarti malam ampunan, diterimanya amal, dan dijauhkan dari api neraka.

Baca Juga: Ini 6 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW Saat Puasa Ramadan

Meskipun tidak ada hadits atau firman dalam Al-Quran mengenai kapan waktu malam Lailatul Qadar. Namun sepuluh hari terakhir di bulan ramadan diyakini menjadi malam yang penuh keberkahan. Di antara malam-malam di bulan ramadan, malam Lailatul Qadar menjadi satu malam yang paling dinanti. 

Di mana pada saat itu Allah SWT menurunkan Al-Quran secara utuh kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Allah SWT berfirman dalam suraj Al-Qadar, artinya: 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadar: 1-3). 

Namun tidak ada satu orang pun yang tahu kapan malam lailatul qadar tiba, hanya Allah SWT yang tahu kedatangannya. Namun menurut beberapa riwayat menjelaskan bahwa malam yang penuh keistimewaan tersebut datang di malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir ramadan. 

Oleh karena itu, selama bulan ramadan umat Islam dianjurkan untuk selalu menjalankan amal ibadah, agar pahala lailatul qadar bisa didapatkan. Lantas apa saja amalan malam Lailatul Qadar itu? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

1. Memperbanyak Membaca Dzikir 

Amalan malam Lailatul Qadar yang pertama yakni umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak dzikir. Bacaan Dzikir yang diucapkan ini bisa menjadi ungkapan rasa terimakasih atau rasa syukur kita terhadap karunia dan juga nikmat yang telah Allah SWT berikan. 

2. Membaca Al-quran 

Selain menambah pahala, membaca Al-quran di malam lailatul qadar juga sebagai tanda cinta kita terhadap kitab suci yang telah Allah SWT turunkan kepada manusia. Sebab di dalam Al-quran memuat banyak sekali petunjuk-petunjuk serta tanda kebesaran Allah SWT. Sehingga saat menjalani kehidupan kita akan diberi kekuatan. 

3. Mendirikan Salat Malam 

Mengerjakan salat malam ketika bulan Ramadhan sangat dianjurkan, apalagi di 10 hari terakhir untuk menyambut malam lailatul qadar. Hal ini karena ada banyak keberkahan yang akan Allah SWT berikan. Salat malam juga merupakan salah satu ibadah yang bisa kita lakukan untuk menjemput keberkahan dari Allah SWT. 

Adapun salat malam yang bisa dikerjakan antara lain yakni sholat taubat, salat witir, salat tahajud dan salat sunnah lainnya. 

Baca Juga: Ini Hukum Bekam dalam Islam

4. Membaca Doa 

Membaca doa di malam bulan ramadan sangatlah bermanfaat. Apalagi jika bertepatan demgan malam lailatur qadar. Sebab doa-doa yang kita panjatkan di bulan ramadan khususnya di malam lailatul Qadar akan diijabah Allah SWT. Umat muslim juga bisa berdoa dengan bacaan doa berikut. 

Allahumma innaka 'affuwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni 

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberi Maaf dan Engkau suka memberikan maaf, menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku, hapuslah dosa- dosaku). ” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga