Ketua DPD RI Dianugerahi Mia Ogena Yi Saragau Oleh Kesultanan Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 17 Juni 2021
0 dilihat
Ketua DPD RI Dianugerahi Mia Ogena Yi Saragau Oleh Kesultanan Buton
La Nyalla Mattalitti dalam upacara penganugerahan gelar kehormatan adat oleh Lembaga Adat Kesultanan Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Mia Ogena memiliki makna ungkapan bagi pejabat atau pemimpin yang memiliki kemampuan profesional, pandangan jauh kedepan visioner, kharismatik, dan mengayomi serta sanggup mewujudkan tujuan yang telah dicita-citakan "

BAUBAU, TELISIK.ID - Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, selaku anggota Dewan Pembina Pusat Majelis Kerajaan Adat Nusantara dianugerahi gelar kehormatan adat dari lembaga adat Kesultanan Buton sebagai Mia Ogena Yi Saragau.

Kapitalo Matanaeo Panglima Perang Bagian Timur Lembaga Adat Kesultanan Buton, Laode Muhammad Arsal menjelaskan, makna dari ungkapan Mia Ogena adalah ungkapan bagi pemimpin yang profesional.

Baca Juga: 2.000 Hektar Lahan di Buteng Berpotensi Jadi Persawahan

"Mia Ogena memiliki makna ungkapan bagi pejabat atau pemimpin yang memiliki kemampuan profesional, pandangan jauh kedepan visioner, kharismatik, dan mengayomi serta sanggup mewujudkan tujuan yang telah dicita-citakan," ungkap Muhammad Arsal, Kamis (17/6/2021).

Sementara itu, La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam sambutannya, mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas penganugerahan kehormatan adat tersebut.

"Saya sengaja berkeliling dan bersilaturahim dengan para pemangku kerajaan dan kesultanan di Nusantara bukan tanpa sebab, itu karena kerajaan dan kesultanan Nusantara adalah salah satu tonggak dan pilar dari negara Indonesia," tutur La Nyalla Mattalitti.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Muna Rendah, ASN Ditahan Pulang Sebelum Divaksin

Indonesia lahir, lanjut la Nyalla, karena peran dan dukungan kongkret dari Kesultanan Nusantara baik materiil ataupun non materiil untuk lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain La Nyalla Mattalitti, beberapa tokoh juga dianugerahi gelar adat dari Kesultanan Buton diantaranya, Gubernur Sultra Ali Mazi yang diberi gelar Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas diberi gelar Mia Ogena Sulewata Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara, dan Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara, Raden Ayu Yani SS Kuswodidjoyo diberi gelar Waotimomalambu Yi Sara Adhati. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga