Kinerja Lurah dan Camat Diukur dari Kebersihan Lingkungan Warganya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 12 Juni 2021
0 dilihat
Kinerja Lurah dan Camat Diukur dari Kebersihan Lingkungan Warganya
Tempat sampah yang disediakan pemerintah di lingkungan masyarakat. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kebersihan lingkungan tidak akan terwujud jika warga masyarakat belum peduli terhadap kebersihan tempat tinggalnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah daerah hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan, harus aktif mengedukasi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar. Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan tugas semua elemen masyarakat dan pemerintah, termasuk lurah dan camat.

Olehnya itu, kata dia, kedepan kinerja lurah dan camat akan diukur dari kebersihan lingkungan tempat mereka bertugas.

Baca Juga: Dua Minggu Kosong, RSUD Kota Kendari Kembali Terima Pasien COVID-19

"Jadi kinerja camat dan lurah itu adalah menjaga kebersihan lingkungan. Mudah-mudahan pak wali setuju, maka kita akan lihat kinerja lurah dan camat. Jadi kalau lingkungan tidak bersih, itu artinya lurah dan camatnya perlu dipertanyakan," katanya saat menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Lingkungan Sedunia di Kota Kendari, Kamis (10/6/2021).

Pasalnya, kebersihan lingkungan tidak akan terwujud jika warga masyarakat belum peduli terhadap kebersihan tempat tinggalnya.

"Tidak akan bersih kalau kita tidak peduli kebersihan lingkungan. Tapi kalau kita semua menyadari arti kebersihan, Insyaallah pasti bisa," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati berharap pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan bisa aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: BPJN Sebut PT Asmindo Belum Ada Izin Gunakan Jalan Umum Muat Ore Nikel

Dimana yang bisa dilakukan adalah dengan terus mengedukasi warganya.l tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap terjaga kebersihannya.

Olehnya itu, menjaga kebersihan kota merupakan tugas semua orang. Bukan hanya pemerintah kota saja, tapi juga pemerintah kecamatan dan kelurahan, serta masyarakat itu sendiri.

"Tugas kita semua, sebab kalau kota bersih yang rasakan manfaatnya juga kita semua. Makanya kita mesti lebih peduli kebersihan kota," pungkasnya, belum lama ini. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga