Kompetitif, Amerika Sebut China Ujian Terbesar Geopolitik Abad Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 05 Maret 2021
0 dilihat
Kompetitif, Amerika Sebut China Ujian Terbesar Geopolitik Abad Ini
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Foto: Repro Reuters

" Hubungan kami dengan China akan kompetitif pada saat yang seharusnya, kolaboratif saat bisa, dan bermusuhan saat harus. "

AMERIKA SERIKAT, TELISIK.ID - Pemerintahan Presiden Joe Biden menyatakan China adalah ujian geopolitik terbesar abad ini bagi Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan, hubungan antara negaranya dan China ke depan bakal kompetitif.

"Hubungan kami dengan China akan kompetitif pada saat yang seharusnya, kolaboratif saat bisa, dan bermusuhan saat harus," kata Blinken dikutip dari tempo.co, Kamis (4/3/2021).

Dokumen keamanan nasional tentang China yang dirilis pemerintah AS menyebut jika negeri tirai bambu itu adalah satu-satunya pesaing yang berpotensi mampu menggabungkan kekuatan ekonomi, diplomatik, militer, dan teknologinya.

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Islam Diprediksi Akan Berkuasa

"Untuk meningkatkan tantangan berkelanjutan terhadap sistem internasional yang stabil dan terbuka," tulisnya.

Blinken menuturkan dalam menghadapi tantangan dari China dan Rusia, militer AS akan mengalihkan fokusnya dari sistem persenjataan ke pengembangan sumber daya untuk investasi teknologi mutakhir.

Amerika Serikat dan China kini sedang berseberangan di sejumlah aspek seperti berebut pengaruh di wilayah Indo-Pasifik, praktek ekonomi Beijing, Hong Kong, Taiwan, dan hak asasi manusia di wilayah Xinjiang China. Pemerintahan Joe Biden telah mengindikasikan akan melanjutkan pendekatan sulit ke China yang dilakukan oleh pendahulunya, Donald Trump.

Blinken hakulyakin kebijakan luar negeri pemerintahan Joe Biden ini bakal membawa manfaat bagi pekerja dan rakyat Amerika Serikat. "Kami akan berjuang untuk setiap pekerjaan Amerika dan untuk hak, perlindungan dan kepentingan semua pekerja Amerika," ujar dia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga