Kondisi Terbaru David Ozora Usai Dianiaya Anak Rafael Alun, Alat Vital Hingga Cedera Otak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 02 April 2023
0 dilihat
Kondisi Terbaru David Ozora Usai Dianiaya Anak Rafael Alun, Alat Vital Hingga Cedera Otak
Kondisi terkini David Ozora, sudah bisa merespons gerakan dan mampu berdiri selama 20 menit. Foto: twitter @seeksixsuck

" Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo anak Rafael Alun Trisambodo ke David Ozora terus menjadi perhatian publik "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo anak Rafael Alun Trisambodo ke David Ozora terus menjadi perhatian publik.

Kabar terbaru tersebut disampaikan  Ayah David Ozora, Jonathan Latumahina melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, @seeksixsuck, pada Minggu (2/4/2023).

Jonathan mengungkapkan kondisi David saat ini terbagi dalam dua hal yakni kesadaran kuantitatif dan kualitatif (kognitif).

Untuk kesadaran kuantitatif, Jonathan menyebut David dalam kondisi baik. "Kesadaran kuantitatif sudah sangat baik, organ vital juga baik tidak ada masalah," tulisnya.

Baca Juga: Kondisi Terkini David Ozora, Buat Haru Keluarga

Namun, untuk kesadaran kualitatif (kognitif), David masih perlu penanganan selama enam bulan sampai satu tahun untuk memulihkannya. Adapun pemulihan yang dilakukan antara lain terapi hingga assesment fisik dan psikis.

"Kesadaran kualitatif (kognitif) menurut tim dokter RS Mayapada masih butuh long run karena banyak sekali assesment yang harus dilakukan baik secara fisik maupun psikis, sehingga RS membutuhkan waktu untuk terapi ini dengan protokol ketat dan home care observasi 6 bulan-1 tahun," kata Jonathan dilansir dari Tribunnews.com.

Di sisi lain, David masih harus dirawat intensif di ICU RS Mayapada dan menjalani terapi jalan. Kemudian, Jonathan juga menyebut sang anak sempat mengalami demam pada Jumat (31/3/2023), dan akibatnya masih dirawat di ICU.

"Saat ini David masih tetap di ICU dan terapi sudah memasuki latihan jalan. Karena kondisi fisiknya masih rentan, seperti jumat kemarin tiba2 demam tinggi sampai 38,4 derajat celcius," jelasnya.

Lebih lanjut, Jonathan meminta doa dan dukungan masyarakat untuk kesembuhan David. Selain itu, dia juga bersyukur terkait perkembangan kondisi David saat ini meski harus menderita cedera otak berat atau diffuse axonal injury.

"Butuh doa dan dukungan sahabat dan temen2 semua supaya bisa stabil. Diffuse axonal injury adalah cedera otak sangat berat, kita boleh bersyukur atas pencapain hari ini tapi tetap harus ikhlas, karena progress david ini adalah ikhtiar kita semua maka saya dengan rendah hati memohon untuk tetap kirimkan doanya," pintanya.

Sebelumnya Rafael Alun Trisambodo menceritakan awal mula dia mengetahui sang anak, Mario Dandy Satriyo ditahan polisi akibat menganiaya David Ozora.

Rafael Alun menceritakan saat itu dirinya ingin mengajak Mario Dandy makan malam. Namun saat dia menghubungi Mario Dandy, rupanya sang anak tak bisa memenuhi ajakannya lantaran sudah berada di kantor polisi.

"Malamnya saya pulang kantor jam setengah 8 malam, saya telepon dia, Den (Dandy) kamu di mana, saya mau ajak makan karena di rumah cuma ada saya sendiri, istri sedang ke Manado dengan kakaknya, jadi di rumah hanya saya, Mario dan anak saya yang kecil," ujar Rafael dilansir dari Liputan6.com.

Rafael mengatakan saat itu Mario Dandy mengaku sudah ditahan oleh polisi.

Baca Juga: Intip Profil Reda Manthovani, Kepala Kejati DKI Jakarta Tawari David Ozora Berdamai dengan Mario Dandy

"Jadi saya telepon dia, saya ajak dia makan malam dia bilang enggak bisa, saya tanya kamu lagi di mana, dia bilang saya lagi ditahan pah, di situlah saya baru tahu. Lho kamu ditahan kenapa? Aku berantem pah, lho ko bisa sih? Iya pah soalnya orang ini melecehkan pacarku, lho kenapa? Pacarku ini seimuran adek, masa diginiin aku enggak terima," kata Rafael menceritakan komunikasinya dengan Mario.

Rafael mengaku saat itu Mario bertanya apa yang harus dilakukannya. Rafael hanya meminta Mario mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya. Tak hanya itu, Rafael mengatakan saat itu Mario sempat meminta tolong kepadanya.

"Ya terus sekarang gimana? Papa ke sini dong. Wah papa ngapain ke situ, kamu yang berbuat kamu harus bisa bertanggungjawab, kamu harus bisa selesaikan sendiri, papa enggak mau kalau kamu suruh-suruh ikut bantu kamu, kan kamu lakukan sementara papa enggak tahu apa-apa," kata Rafael Alun Trisambodo. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga