Kontroversi Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
Kontroversi Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
Berbagai isu merebak terkait pembatalan Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023. Foto: Repro Infosumsel.id

" Di tengah ancaman batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Peru disebut sudah siap jadi pengganti Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - FIFA disebut-sebut membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ini karena gelombang penolakan atas keikutsertaan Israel sebagai salah satu tim yang berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Mengutip Viva.co.id, di tengah ancaman batalnya Indonesia jadi tuan rumah, Peru disebut sudah siap jadi pengganti Indonesia. Sejak kurang dari 60 hari sebelum gelaran turnamen tersebut, sejumlah pihak, dari tokoh masyarakat hingga elit politik, ikut menyuarakan penolakan terkait keikutsertaan Israel.

FIFA memutuskan membatalkan undian. Langkah ini diambil setelah semakin panasnya gelombang penolakan kehadiran timnas U-20 Israel di Indonesia. Tak cuma ormas dan partai politik, Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, yang menjadi lokasi penyelenggaraan piala dunia, telah menyatakan tidak mau menerima Israel seperti dilansir dari Liputan6.com.

"Sebetulnya, pemerintah sudah mendapatkan surat pembatalan itu dari FIFA. Akan tetapi, mereka belum mau muncul untuk memberikan pernyataan kepada rakyat Indonesia,” ujar Yesayas dikutip dari Radarbogor.id.

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Fase Grup Piala Asia 2023

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Euro 2024: Italia Sukses

Penunjukan Peru sebagai pengganti Indonesia lebih didasari karena negara Amerika Latin itu kalah dalam pemungutan suara atau bidding dari Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sementara PSSI melalui Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, memberikan klarifikasi atas rumor tersebut. Dia menepis karena pihaknya belum menerima surat resmi pembatalan undian.

"Ada-ada saja. Surat resmi pembatalan drawing aja masih kita tunggu,” kata Arya.

Arya menyebut, kelanjutan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, termasuk inspeksi teknis lapangan-lapangan di Indonesia tetap dilakukan oleh FIFA. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga